Sinabung kembali Semburkan Abu Vulkanik

MEDANHEADLINES – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali semburkan abu vulkaniknya ,tercatat sinabung telah mengalami tiga kali erupsi, Rabu (8/2/2017).

Ketua Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Sinabung, Armen Putra mengungkapkan, erupsi disertai semburan abu vulkanik pada hari ini mencapai 3.500 meter pada pukul 11.48 WIB.

“Untuk cuaca cerah dan mendung,dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan barat,serta suhu udara 18-27 derjat celcius ” kata Armen.

‎lebih lanjut Armen mengungkapkan , saat ini gunung api sinabung berada di  level IV, dengan status awas yang berarti aktivitas vulkanologi Gunung Sinabung masih tinggi.

“Dengan status awas ini maka masyarakat di himbau untuk tidak berada di zona merah, karena sangat berbahaya bagi keselamatan,” ungkapnya.

Zona merah yang dilarang itu berada pada radius 3 kilometer dari puncak, dan berada pada jarak 7 kilometer untuk sektor selatan-tenggara. Kemudian berada pada jarak 6 kilometer untuk sektor tenggara-timur, serta berada pada jarak 4 kilometer untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.untuk masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung sinabung juga diminta waspada terhadap potensi bahaya lahar.(lbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.