Menristek Usulkan Program “Sarjana Masuk Desa”

MEDANHEADLINES – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir akan memulai kembali Program sarjana masuk desa  yang pernah dilaksanakan di era orde baru lalu.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat langsung menerima inovasi yang dapat membantu memajukan desa.
“Desa sekarang punya dana untuk membangun infrastruktur tetapi masalahnya mereka tidak punya ahli di bidang infrastrukur itu maka sarjana masuk desa akan membantu mereka,” ungkap Nasir
Lebih lanjut ia mengungkapkan,Rencananya program ini sudah dirancang dan akan diusulkan ke Presiden Joko Widodo pada tahun ini.

“Kalau Presiden sudah setuju, maka program ini akan dilaksanakan pada 2018. Mengenai biayanya akan dibicarakan nanti, apakah akan ditanggung pemerintah atau ada cara lain,” ujarnya

Dia juga menambahkan para sarjana ini akan ditempatkan di desa untuk membantu memberikan inovasi-inovasi dalam bidang pertanian, peternakan dan juga teknik terutama teknik sipil selama satu hingga dua tahun.
“Masyarakat perlu mengetahui inovasi-inovasi pada bidang tersebut untuk mengurangi risiko kerugian. Inovasi ini juga sangat dibutuhkan pada bidang pertanian dan peternakan untuk mencapai swasembada pangan nasional,” pungkasnya.

Sumber: antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.