Jokowi : Guru Harus Fokuskan pendidikan karakter Untuk Anak didik

MEDANHEADLINES – Presiden Joko Widodo meminta agar Guru memfokuskan pendidikan karakter dalam kegiatan belajar-mengajar untuk anak didiknya.

” Pendidikan karakterlah yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya. Dan Kemajuan pendidikan itu berpusat pada guru karena pengajarannya lah yang tertanam di diri siswa dan akan terbawa terus sampai kapan pun,” ungkap Presiden Jokowi saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta International Expo (JIExpo).

Jokowi  juga mengatakan guru merupakan sosok yang dapat mencerahkan siswanya ditengah terjadinya pergeseran nilai-nilai akibat modrenisasi yang dibawa oleh dunia Barat.
” kita juga perlu menyadari bersama bahwa modernisasi dan teknologi juga perlu dipagari sehingga yang negatif itu tidak menginvasi anak-anak kita,” kata Jokowi.
ia juga mengatakan, penghancuran negara bukan lagi melalui penguasaan teritori melainkan menggunakan ideologi dan serangan terhadap sistem mental.
“Dimulai dari penyerangan sosial budaya. Hati-hati yang akan terjadi nantinya adalah perang budaya, perang ekonomi, perang keuangan, perang informasi, perang dalam membangun sebuah persepsi. Inilah tekanan yang perlu saya sampaikan agar anak-anak kita,” kata Presiden.
Para guru juga diminta mengajari anak didiknya menyaring informasi mana yang benar dan mana yang keliru di media sosial.
“Anak-anak harus dididik untuk menyaring mana yang benar dan mana yang tidak benar, mana yang salah mana yang benar. Kalau tidak hati-hati menimbulkan dekonstruksi berpikir anak-anak dan ini harus diantispasi sedini mungkin,” kata Presiden.

sumber : antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.