Sumut  

Ketua PKK Sumut : Ayo Menanam Cabai di Pekarangan

MEDANHEADLINES, Medan – Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ny Evi Diana Erry Nuradi mengajak masyarakat terutama Ibu PKK untuk mewujudkan kemandirian pangan salah satunya adalah dengan menanam cabai di pekarangan rumah.

Menurutnya, Permasalahan tingginya harga cabai yang terjadi setiap tahun tersebut dapat di atasi dengan memberdayakan pekarangan melalui program-program PKK.

“ Dengan jumlah rumah tangga di Provinsi Sumatera Utara sebesar 3.257.205 KK, jika masing-masing menanam 10 batang cabai  saja maka akan diperoleh produksi sebesar 32.527 ton atau 50% dari kebutuhan rumah tangga.oleh karena itu Mari kita galakkan menanam cabai,’’ ungkap  Evi usai MoU Pendampingan dan Pengawalan Proses Pengembangan dan Implementasi Inovasi Teknologi Pertanian di Lahan Pekarangan antara BPTP Balitbangtan Sumut dengan Tim Penggerak PKK Provsu di sekretariat gedung PKK Provsu Jl. Teuku Cik Ditiro Medan, Senin (23/1/2017).

Evi juga menyebutkan, upaya ini selain bertujuan mewujudkan kemandirian pangan juga dapat meningkatkan pendapatan akibat penghematan pengeluaran rumah tangga. “Sudah pasti penyebab inflasi dari cabai dapat kita kendalikan bersama” ujarnya.

Menanggapi Program PKK ini,  Plt Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu Azhar Harahap menyebutkan BPTP Balitbangtan Sumut, Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Sumut  telah menyiapkan 125 ribu bibit cabai yang nantinya akan disebar ke PKK kabupaten/kota. ‘’Sementara ini sebanyak 25 ribu bibit cabai akan diserahkan ke PKK Provinsi dan 100 ribu bibit cabai untuk dibagikan ke PKK kab/kota di Sumatera Utara,’’ ucap Azhar (rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.