Dana desa mencapai 120 Triliyun di tahun 2018

MEDANHEADLINES –  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyatakan akan ada kenaikan dana desa hingga Rp120 triliun di tahun 2018 mendatang

Sebelumnya pada tahun  2016 dana desa yang dikucurkan mencapai Rp46,96 triliun,dan  meningkat menjadi Rp60 triliun, pada tahun 2017.  “diperkirakan setiap desa akan mengelola dana desa di kisaran Rp1,6-Rp1,8 miliar,” ujarnya

Menurutnya , pemerintah memang  memberikan perhatian dan kesempatan seluas-luasnya bagi pemerintah desa untuk membangun wilayahnya dengan mengandalkan potensi yang dimiliki.

Ia juga mengatakan anggaran yang sudah dikucurkan harus dimanfaatkan dengan baik,dan digunakan sesuai peruntukkan untuk menghasilkan pendapatan desa agar dapat mensejahterakan masyarakatnya.

“Kalau perlu, setiap desa bisa menciptakan satu produk unggulan yang bisa diandalkan mendatangkan pendapatan bagi desa one village one product sangat diharapkan,” ujar Menteri Eko.

Eko juga mengingatkan, agar pemerintah desa bisa mensosialisasikan dengan baik dana desa yang dikucurkan, melibatkan masyarakat dan melakukan pelaporan secara transparan, agar masyarakat benar-benar dilibatkan dan bisa keluar dari kemiskinannya.

“Dana desa ditujukan untuk masyarakat, maka masyarakat harus terlibat dalam pengelolaannya, harus bisa bekerja agar tidak menjadi miskin,” ujarnya.

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.