Sumut  

Basarnas Serahkan satu unit Heli AW 139 kepada Pemprovsu untuk Tangani Bencana

MEDANHEADLINES, Medan – Badan SAR Nasional (Basarnas) memberikan  satu unit helikopter jenis AW139 kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara, di Apron Lanud Soewondo Selasa (10/01/2017). Helikopter ini nantinya akan digunakan untuk penanganan bencana di sumatera utara maupun provinsi lain yang ada  disekitar Sumut.

Turut hadir dalam penyerahan helicopter ini Gubsu Tengku Erry Nuradi, Kepala Basarnas Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo, Kasdam I/BB  Brigjend Tiopan Aritonang, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Jemi Tri Sonjaya, Danlanud Soewondo Kolonel PNB Arifien Sjahrir serta  Kepala BPBD Sumut dan Ketua PMI Sumut

Heli AW139 ini merupakan heli berbahan titanium yang memiliki panjang 13,77 meter dan tinggi 3,72 meter.dan mampu menampung beban hingga 15 penumpang. Heli itu juga dilengkapi lima main rotor (baling-baling) sehingga bisa lebih stabil saat terbang. Selain itu,heli yang diklaim sebagai heli yang paling canggih dimiliki Basarnas itu juga mampu terbang dengan kecepatan sampai 310 km/jam di ketinggian 20000 kaki dan dilengkapi sistem kendali empat sumbu otomatis, ditambah peralatan pendukung seperti penjejak infra merah FLIR Star SAFIRE 380-HDc dan searchlight TrakkaBeam A-800 serta mampu terbang diam (hover) secara otomatis.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo berharap agar heli tersebut dapat bermanfaat dalam memudahkan penanggulangan, proses penyelamatan dan evakuasi korban bencana.

Bambang mengungkapkan helikopter menjadi bagian penting dalam misi SAR. Karena bisa mempersingkat waktu respon dan efisiensi jam terbang operasi.

“waktu bencana gempa di Aceh kemarin. Saya harus terbangkan dua heli dari Jakarta dan Surabaya. Perpindahannya saja sudah memakan waktu yang cukup banyak seblum beroperasi,” katanya.

Sementara itu, Gubsu Tengku Erry Nuradi berharap dengan hadirnya heli ini maka dapat  memberikan manfaat bukan saja untuk sumatera utara namun provinsi lainnya

“Jadi nanti ada lima provinsi yang akan mendapat penanggulangan bencana dengan heli ini, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau,” ujarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.