Sumut  

Dua Tantangan Bagi Pramuka

MEDANHEADLINES – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi Meminta agar peran Pramuka bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas.hal ini diungkapkannya dalam kata sambutannya saat bertindak sebagai pembina Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-55 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Utara di lapangan Bola Kaki  Ramlan Yatim Jl. Gunung Leuser Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi,

‘’Pendidikan pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia, di tuntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara,’’ sebutnya

Saat membacakan sambutan ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Daut.

Pada kesempatan tersebut Gubsu juga mengucapkan selamat Hari Pramuka bagi segenap keluarga besar Gerakan Pramuka Tingkat  Kwarda Sumatera Utara. Dan ia berharap agar Peringatan hari pramuka dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Untuk itu, lanjutnya, tantangan bagi para pembina pramuka saat ini adalah harus selalu kreatif dan inovatif dalam membina peserta didik agar mereka bangga menjadi anggota pramuka. Kaum muda dewasa saat ini dihadapkan pada dua masalah besar. Pertama yaitu masalah sosial mencakup maraknya penggunaan napza dan obat terlarang, pergaulan bebas yang berakibat tingginya hubungan seksual pra nikah, kekerasan dan kriminalitas yang melibatkan kaum muda.

Kedua yaitu masalah kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain menurunnya solidaritas sosial, semangat berkebangsaan, semangat persatuan dan kesatuan yang akhirnya akan berdampak pada menurunnya semangat bela negara dan ancaman disintegrasi bangsa. “Ancaman seperti itu tentu harus disikapi secara serius oleh semua komponen bangsa termasuk gerakan pramuka,” ujar Erry.(RLS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.