Mulai Tahun 2017 Pemilik Kendaraan bisa memilih Nomor kendaraannya

MEDANHEADLINES, Medan – Pemilik kendaraan bermotor roda dua dan roda empat diperbolehkan memilih Sendiri Nomor kendaraanya.mulai tahun depan.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, AKBP Marcelino Sampaow mengungkapkan, hal ini dapat dilakukan berdasarkan PP 60 Tahun 2016 yang memberikan kesempatan kepada pemilik kendaraan untuk memiliki nomor kendaraan sesuai dengan keinginan masyarakat lewat  Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB).

“Sudah diatur lewat Penerimaan Negara Bukan Pajak Nomer Register kendaraan Bermotor,” katanya di Dit Lantas Polda Sumut,

pada sosialisasi PP 60 tahun 2016 tentang jenis tarif PNBP Polri.Marcelino mengatakan, berdasarkan PP 60 tahun 2016 itu NRKB pilihan berdasarkan jumlah angka serta penggunaan huruf. Untuk NRKB pilihan satu angka tidak menggunakan huruf (seri) akan dikenakan biaya Rp 20 juta sedangkan tidak menggunakan huruf Rp 15 juta.

Sementara komsumen yang mengingingkan pilihan dua angka tidak menggunakan huruf  dikenakan biaya Rp 15 juta sedangkan yang menggunakan huruf 10 juta.

Sedangkan konsumen yang menginginkan plat kendaraanya dihiasi tiga angka plus huruf  akan dikenakan harga Rp 10 juta dan menggunakan huruf Rp 7,5 juta, untuk NRKB pilihan empat yang tidak menggunakan huruf cukup membayar Rp 7,5 juta dan yang menggunaan huruf Rp 5 juta.

Dia mengatakan dengan terbitnya peraturan tersebut maka nomor-nomor yang sebelumnya beredar akan ditertibkan dan diinventarisir apakah telah sesuai dengan peraturan.(LBS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.