Sumut  

Gubsu : Inspektorat harus lebih Berwibawa

MEDANHEADLINES , Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi Berharap agar dilakukan penguatan terhadap inspektorat dan salah satu upaya yang dilakukan adalah  dengan mengangkat kewibawaannya.

Hal ini diungkapkan Erry Nuradi saat melakukan pengukuhan pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Sumut Periode 2016-2019 di Hotel Polonia Medan Selasa (27/12/2016).

“ sewaktu jadi Wakil Gubernur yang salah satu tugasnya bidang pengawasan pernah mengikuti Rakornas di Bali dua tahun yang lalu menyampaikan agar inspektorat ini lebih berwibawa, inspektorat Kabupaten Kota ditunjuk oleh Provinsi dan Inspektorat kabupaten Kota ditunjuk dari Kemendagri. Dan eselonnya juga kalau bisa dinaikan setaraf Sekda agar secara psikologis lebih berwibawa,” ujar Gubsu.

Hal ini, lanjut Gubsu, karena berdasarkan pengalaman dirinya sejak menjadi Bupati kalau tugas dan fungsi inspektorat kurang maksimal. karena adanya kecanggungan seorang Inspektorat memeriksa seseorang yang eselonnya selevelnya.

“Saya perhatikan sendiri saat jadi Bupati, jadi Wakil Gubernur selalu saja temuan-temuan yang didapat oleh AAIPI itu selalu temuan yang sekedarnya saja, yang kecil-kecil. Yang lima jutalah, dan banyak juga yang ratusan ribu rupiah. Kalau ini terjadi yang besar jadi temuan aparat penegak hukum. Tentu eksekutif tidak boleh ikut campur karena sudah ranahnya hukum,” ujarnya.

Jika AAIPI kuat tentu temuan-temuan besar dapat diselesaikan ditingkat internal dan persoalan KKN dapat diminimalisir. “Saya berharap Rakor hari ini tentu menjadi satu hal yang sangat positif sekali. Kita  berharap kualitas temuan AAIPI itu lebih baik kedepan. Termasuk tentunya bagaimana kita bisa mendapatkan informasi-informasi tentang pelayanan publik kita melalui laporan dari masyarakat,”ujar Gubsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.