Sumut  

PT KAI Uji Coba kereta Api barang Sei Mangkei-Belawan

MEDANHEADLINES, Medan -PT  Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar ujicoba operasional Kereta Api (KA) peti kemas dari KEK Sei Mangkei –medan- Pelabuhan belawan,Senin (5/12/2016).

Dalam uji coba ini dioperasikan satu rangkaian yang terdiri dari satu unit lokomotif CC201 dan 11 gerbong datar 22 TEUs dengan jarak tempuh 139 km yang menghabiskan waktu tempuh sekitar 256 menit.

Direktur Komersial dan TI PT KAI, M. Kuncoro Wibowo, mengatakan, Pembangunan jaringan rel kereta api (KA) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur penting yang telah selesai dikerjakan oleh Pemerintah saat ini.

Ia juga menjelaskan,beroperasinya kereta api tersebut dapat mendorong kelancaran arus distribusi barang khususnya angkutan logistik. Yang nantinya dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, khususnya wilayah Sumatera

“Dengan angkutan massal kereta api, distribusi barang menjadi lebih cepat dan tentu saja mengurangi macet, polusi dan beban jalan raya,” tuturnya saat menggelar temu pers di pelabuhan KEK Sei Mangkei

Setelah melakukan uji coba,PT kai juga melakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) untuk saling sinergi BUMN dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dan PT Pelindo I.tujuan penandatanganan ini adalah untuk selalu bersinergi mendukung perekonomian Indonesia dalam rangka mempercepat arus barang.(LBS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.