429 Siswa Baru SMA Negeri 1 Matauli Dikukuhkan Danrem 023/KS

429 Siswa Baru SMA Negeri 1 Matauli Dikukuhkan Danrem 023/KS. (Foto: Hendra)

MEDANHEADLINES.COM, Tapteng – Danrem 023/KS, Kol Inf Lukman Hakim mengukuhkan 429 siswa baru SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) tahun ajaran 2023/2024.

Sebelum pengukuhan, sejumlah siswa mempertunjukkan berbagai kegiatan. Di antaranya barisan defile, tarian tradisional, atraksi bela diri dan marching band.

Pada kesempatannya, Kol Inf Lukman Hakim mengatakan, SMA Matauli Pandan ini sudah banyak melahirkan generasi yang memiliki intelektual, moralitas dan mentalitas yang baik.

“Siswa baru harus bisa menjadi leadership bagi diri sendiri agar tidak mudah terpengaruh oleh arus globalisasi,” kata Lukman saat memberikan kata sambutannya, Sabtu (5/8/2023).

Lukman juga mengingatkan agar generasi muda tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif. Untuk itu, para siswa yang merupakan generasi penerus bangsa harus bijak dalam mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

“Jangan mudah terpengaruh hal-hal yang bertentangan dengan akidah, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Menurutnya, slogan-slogan yang didengungkan budaya barat saat ini sangat-lah bertentangan dengan falsafah Pancasila.

“Siswa dan siswi Matauli Pandan jangan pernah terpengaruh dengan isu-isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” katanya tegas.

Lukman menambahkan, mutu pendidikan di Matauli tidak perlu diragukan. Sekolah binaan Akbar Tandjung ini telah banyak menghasilkan generasi yang berhasil dalam berbagai bidang. Untuk itu, para siswa harus bersyukur dan bangga berada di sekolah ini. Sebab, fasilitasnya cukup baik dari pada sekolah lainnya.

“SMA Matauli mempunyai fasilitas sekolah yang lengkap. Program pendidikannya berstandar nasional,” ujarnya.

Siswa yang mendaftar 1.998 orang

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Deden Rachmawan menyampaikan, saat ini jumlah calon siswa SMAN 1 Matauli Angkatan ke XXX TA. 2023/2024 sebanyak 2.111 siswa. Sementara yang sudah lulus ujian sebanyak 429 siswa.

“Sementara untuk yang mendaftar sebanyak 1.998 siswa,” katanya.

Deden mengungkapkan, formasi dari 429 siswa baru itu yakni, unggulan A sebanyak 15 siswa, unggulan B sebanyak 24 siswa.

“Melalui jalur talent scounting beasiswa dari Yayasan Matauli sebanyak 10 siswa, dan unggulan C sebanyak 380 siswa,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah orang tua dari siswa baru turut mengikuti acara pengukuhan tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah.

Selain itu, Pembina Yayasan Matauli, Akbar Tandjung, Ketua Yayasan Matauli, Fitri Krisnawati Tandjung, Kapolres Tapteng dan sejumlah Ikatan Alumni SMA Matauli (IKAMA) juga tampak hadir dalam acara tersebut. (HEN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.