GoFood dan Inkowapi Kolaborasi Tumbuhkan Bisnis UMKM Perempuan

Gojek berkolaborasi dengan Inkowapi mendukung pelaku UMKM meningkatkan bisnis dengan platform digital/ Handout

MEDANHEADLINES.COM – Gojek berkolaborasi dengan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) mendukung pelaku UMKM meningkatkan bisnis dengan platform digital. Para pengusaha perempuan kian mengandalkan teknologi untuk menjangkau pelanggan, meningkatkan omset, membantu bisnis mereka lebih berdaya tahan dan tumbuh di tengah pandemi.

Ketua Umum Imkowapi Sharmila mengapresiasi keja sama yang terjalin karena yakin dengan rekam jejak GoFood yang dikenal sebagai mitra terbaik dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM kuliner di seluruh Indonesia. Menurutnya, di masa pandemi, sudah menjadi keharusan bagi anggotanya untuk mengubah pola bisnis agar bisa terus bertahan dan beradaptasi dengan kondisi terkini, salah satunya dengan memahami dan mengadaptasi teknologi digital.

Dia optimis, kolaborasi bisa menggali potensi yang luar biasa dari para pengusaha perempuan di ekosistemnya. Semakin tumbuh dengan dukungan ekosistem Gojek. Kerja sama pembinaan strategi pengelolaan bisnis berbasis teknologi digital ini melibatkan ratusan pelaku usaha dari seluruh Indonesia.

“Ratusan pelaku usaha perempuan yang kami latih menjadi awal dukungan kita terhadap ekosistem UMKM di Indonesia. Kami berharap lebih banyak lagi perempuan yang bisa kita fasilitasi dan tingkatkan kapasitasnya dalam berbisnis di era digital,” kata Sharmila dalam siaran pers-nya, Rabu (7/4).

Bayu Ramadhan, VP Merchant Marketing Gojek mengatakan, kolaborasi keduanya merupakan bagian dari inisiatif  #MelajuBersamaGojek yang mendukung pelaku UMKM Indonesia di berbagai skala usaha untuk mengembangkan bisnis
mereka dengan solusi yang lengkap dan inklusif, mencakup dukungan teknologi dan non-teknologi.

“Bersama Inkowapi, Gojek akan membagikan langkah sukses berbisnis digital menggunakan GoBiz, aplikasi super bagi mitra usaha Gojek. Kami harap, kolaborasi ini memberikan kesempatan serta manfaat bagi para pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi dan ikut serta membangkitkan sektor UMKM yang perannya sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Kerja sama diawali dengan pelatihan daring pada awal pekan ini, dihadiri ratusan pengusaha perempuan. Diampu tim Gojek yang memberikan penjelasan komprehensif mengenai ekosistem teknologi untuk pelaku usaha dan seluk-beluk mengembangkan bisnis dengan sukses menggunakan aplikasi GoBiz.

Pelatihan dilanjutkan dengan presentasi dan tanya jawab dengan pemilik Bee’s Juice and Kitchen. Mitra usaha GoFood di Surabaya tentang tips pemasaran produk secara kreatif, resep menjadi andalan pelanggan dan kesuksesan mengembangkan bisnis digital bersama Gojek.

Berdasarkan laporan berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi CovidD-191” dari UN Women, lebih dari 80 persen usaha skala mikro dan kecil telah menggunakan platform digital seperti GoBiz sebagai strategi penanggulangan dampak pandemi terhadap bisnis mereka. Laporan menemukan bahwa 82 persen pengusaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital di ekosistem Gojek seperti GoBiz, Selly, Midtrans dan Moka.

GoBiz adalah aplikasi khusus mitra usaha Gojek yang memudahkan para pelaku UMKM mengembangkan usaha dan mengelola operasional bisnis dalam satu genggaman. Dilengkapi dengan fitur daftar mandiri, pelaku usaha dapat bergabung ke platform digital dengan mudah dan aman. Memeriksa di status pendaftaran dan melakukan aktivasi akun usaha secara mandiri lewat aplikasi. Juga memberi manfaat tambahan yang mempercepat pertumbuhan bisnis mitra yaitu kemudahan pengembangan usaha dan kemudahan operasional bisnis.

Dalam hal kemudahan pengembangan usaha, mitra dibantu memperluas akses pasar melalui GoFood, pembayaran non-tunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS, pengaturan promosi secara mandiri dan pengajuan modal usaha. Untuk kemudahan operasional bisnis, aplikasi ini menawarkan pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi yang terintegrasi dengan Point of Sale (POS) serta komunikasi langsung dengan pusat bantuan untuk membantu penyelesaian masalah mitra usaha melalui fitur Support Inbox. (Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *