Gojek Kenalkan Inovasi Bidang Logistik

Sejak diluncurkan pada April 2020, layanan GoSend Intercity Delivery sekitar 70 persen transaksi berasal dari pengiriman untuk kategori makanan dan minuman/ Handout

MEDANHEADLINES.COM – Inisiatif #MelajuBersamaGojek untuk membantu UMKM semakin berkembang diwujudkan dengan perluasan layanan pengiriman antarkota. Logistik menjadi salah satu tantangan terberat bagi pelaku usaha mikro dan kecil terlebih di situasi pandemi saat ini.

Inovasi untuk logistik dijalankan salah satu ekosistem Gojek yaitu GoSend, diperkenalkan secara resmi pada 26 Agustus 2020, namanya GoSend Intercity Delivery. Saat bersamaan juga diluncurkan fitur pemesanan yaitu GoSend Web Portal.

Head of Logistics Gojek Group Junaidi mengatakan, inovasi terbaru ini merupakan perwujudan seluruh upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek untuk membantu UMKM supaya lebih mudah menerapkan digitalisasi pada operasional bisnisnya.

”Kami melihat logistik sangat menyulitkan bagi para pelaku UMKM. Pertama, sulit mendapat akses layanan logistik. Kedua, area layanan yang terbatas. Ketiga, keterlambatan pengiriman dan keempat biaya tinggi,” kata Junaidi dalam keterangan resminya, Jumat (28/8/2020).

Inovasi GoSend terbaru ini, menurut Junaidi, untuk menggerus empat momok logistik yang dihadapi UMKM.

”Para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka. Kami berikan solusi lengkap dan secepat mungkin agar bisa go-digital,” sambungnya.

Setelah menjalankan layanan di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek) dan Bandung. GoSend yang berkolaborasi dengan Paxel, startup logistik same-day delivery service memperluas jangkauan ke Jawa Tengah. Dampak ekspansi, kini GoSend Intercity Delivery juga hadir di Yogyakarta, Solo dan Semarang.

”Inovasi terus terjadi di era adaptasi kebiasaan baru ini. Bukan sekadar yang sudah terealisasi, kami ingin membuka lebih banyak lagi peluang untuk UMKM di Indonesia agar dapat berbisnis dengan lebih mudah,” timpal COO dan Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita.

Manfaat layanan GoSend Intercity Delivery tidak hanya dirasakan pengguna Gojek individu, tetapi juga para pelaku UMKM dan komunitas social seller yang terus berupaya mendorong produktivitas. Pada saat yang sama, dilakukan upaya meminimalkan tantangan logistik pada saat mengirim barang ke konsumen.

Sejak diluncurkan pada April 2020, layanan GoSend Intercity Delivery untuk area Jadetabek dan Bandung telah mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. Sekitar 70 persen transaksi berasal dari pengiriman untuk kategori makanan dan minuman. (Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *