4 Atlet Kota Rambutan Wakili Sumut di Kejurnas Tandoku Virtual Shorinji Kempo

Keempat atlet asal Kota Rambutan yang mewakili Provinsi Sumut adalah Lavendher Al’Ysra, Hasni Aulia Rahmita, M Hidayat dan Octafiansyah/ Rha

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Sejak pandemi, semua kegiatan olahraga berhenti total. Kejuaraan Nasional Tandoku Shorinji Kempo Piala Menteri Komunikasi dan Informatika 2020 yang digelar pada 13-14 Agustus 2020 menjadi kejuaraan olahraga fisik pertama di Indonesia yang digelar secara virtual.

Kontingen dari 33 provinsi ambil bagian, kecuali Provinsi Bangka Belitung yang absen karena tidak memiliki atlet. Terbagi dalam tujuh kelas, 293 atlet terdiri dari 112 putra dan 98 putri bersaing menjadi pemenang. Kejuaraan yang diselenggarakan Dojo Shorinji Kempo Kemenkominfo ini bertema “Meraih Prestasi di Masa Pandemi untuk Indonesia Maju”.

“Era normal baru yang diberlakukan pemerintah membuat sektor olahraga yang begitu terpukul karena dampak pandemi mulai menggeliat lagi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat membuka kejuaraan di aula Anantakupa Kementerian Kominfo, Kamis (13/8).

Johnny mengatakan, kejurnas kali ini menjadi kebangkitan Indonesia Maju untuk adaptasi kebiasaan baru dan percepatan transformasi digital. Terbukti, untuk pertama kalinya Shorinji Kempo negara-negara ASEAN dapat menyaksikan kejuaraan Kempo di Indonesia. Semua ini juga tak lepas dari kerja sama Kemeninfo dengan Telkom yang menghadirkan CloudX sebagai salah satu media live event, Telkom Cloud VPS (virtual private server), serta layanan dedicated broadband internet Astinet.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali dalam sambutannya mengaku sebagai orang yang paling bahagia dengan terselenggaranya kejurnas bela diri terbesar kedua di Indonesia ini.

“Saya sangat gembira, kempo sudah memulainya duluan…” katanya.

Wakili Sumut

Empat kenshi dari Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Pengurus Kota Binjai turut berlaga di Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shironji Kempo tersebut. Keempat atlet asal Kota Rambutan yang mewakili Provinsi Sumatera Utara ini adalah Lavendher Al’Ysra, Hasni Aulia Rahmita, M Hidayat dan Octafiansyah.

“Semua siap bertanding dan meraih prestasi,” kata Pelaksana tugas Ketua Umum Perkemi Pengkot Binjai Ihsan Putra Pulungan, Rabu (12/8).

Lavendher Al’Ysra yang ditanyai perasaannya bisa mewakili Sumut mengaku sangat senang dan bangga.

“Ya senang, bisa terpilih mewakili Sumut bareng atlet-atlet lain…” kata siswi SMA Negeri 1 Binjai ini tersenyum.

Soal persiapan, pemilik sabuk biru ini bilang, untuk kejuaraan nasional ini mereka di training center sejak 9-14 Agustus. Tidak ada perbedaan komposisi latihan walau kejuaran dilakukan tanpa kontak fisik.

“Sama aja, malah lebih di-press karena main sendiri, semua tenaga harus dikeluarkan. Makanya harus menang, memborong semua piala. Memberikan yang terbaik untuk Sumatera Utara, orangtua dan Perkemi, khususnya Dojo Shorinji Kempo SD Negeri 1 Kota Binjai,” ucap Rara, begitu dia biasa dipanggil yang diamini temannya Mita. (Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *