Jumlah Kasus Covid-19 di Sumut Meningkat, Kota Medan Urutan Pertama

Update Covid-19 di Sumut

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Kasus Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Bahkan, pada Sabtu 13 Juni 2020 dilaporkan menjadi naik hingga 94 kasus dalam sehari.

Hari ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut melaporkan ada penambahan 60 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Sehingga kasus Covid-19 di Sumut mencapai angka 932 orang.

“Tak sedikit upaya yang sudah kita lakukan. Nyatanya virus ini masih menular di Sumut,” ucap Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan dalam konferensi pers via online, Senin (15/6).

Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, lanjut Whiko, Kota Medan masih menempati urutan pertama dengan 621 kasus. Disusul Kabupaten Deli Serdang 112 kasus, Simalungun 43 kasus, Kota Pematang Siantar 40 kasus dan Kota Binjai 16 kasus.

“Saat ini, GTPP sedang gencar mengadakan rapid test dan swab PCR. Sehigga banyak penderita baru yang terdeteksi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Whiko juga mengatakan pemerintah tengah membahas regulasi soal new normal atau normal baru di Sumut. Protokol pencegahan menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk memutus rantai penularan.

Selain itu, Whiko melaporkan saat ini Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 ada 151 . Jumlahnya menurun dari hari sebelumnya yakni 157 orang. Sementara, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) meningkat dari 428 menjadi 457 orang. Kenaikan juga bertambah terhadap penderita Covid-19 yang meninggal dunia. Angkanya naik dari 60 menjadi 65 orang.

Masih dikatakannya, di Sumut sekarang ada beberapa Laboratorium Polimerase Chain Reaction (PCR) untuk menguji sampel swab. Mulai dari Laboratorium USU, RS USU, RSUP H Adam Malik, RS Murni Teguh dan diperkuat dengan RS Putri Hijau serta lab RS PHC Pelindo I Belawan. (Afd/Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *