Satu Gelas Beras, Cara Ojol Bantu Pekerja Harian Lainnya

Pembagian paket beras oleh Elite Squad Gojek hasil gerakan Satu Gelas Beras Sehari kepada para tukang becak, Minggu (19/4/2020)/ Handout

MEDANHEADLINES.COM – Meski dalam keterbatasan akibat pandemi Covid-19, semangat berbagi para mitra ojek online yang tergabung dalam komunitas Elite Squad tidak padam. Melalui gerakan Satu Gelas Beras untuk lumbung basecamp, mereka saling menguatkan satu sama lain.

Gerakan yang dipelopori oleh Ketua Umum sekaligus Pendiri Elite Squad Hermawan ini, mampu mengumpulkan puluhan kilogram beras dan telah didonasikan ke masyarakat yang membutuhkan serta pondok pesantren.

“Total 53 basecamp Elite Squad se-Jabodetabek, sudah 46 basecamp memulai gerakan ini. Ada yang satu gelas per hari, atau seminggu sekali, sesuai kemampuan. Karena ini lumbung, nantinya saat sudah terkumpul dan benar-benar dibutuhkan, lumbung dibuka (dibagikan),” kata Hermawan saat dihubungi pada Minggu (19/4/2020).

Pria yang biasa dipanggil Herman ini menyadari, driver ojol menjadi salah satu pihak yang sangat terdampak, namun dia menegaskan bahwa apa yang dialami ojol saat ini juga sama dengan yang dialami para pekerja harian lainnya. Meski sedang dalam keadaan yang sama-sama sulit, Herman mengingatkan pentingnya untuk tetap saling membantu.

“Kita juga susah, bukan kalangan mapan, tapi kita ingin tetap berbagi ke yang lebih membutuhkan. Ini inisiatif sederhana tapi kalau dilakukan bersama-sama bisa terkumpul banyak,” katanya.

Gerakan Satu Gelas Beras dimulai sejak awal April 2020 dan akan terus dilakukan sampai pandemi berakhir.

“Saya berharap sepanjang teman-teman masih medukung, masih mampu memberikan, kita jalan terus sampai pandemi berakhir. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir,” ujar dia.

Selain beras, Elite Squad juga mengumpulkan donasi untuk diserahkan ke pondok pesantren di Ciomas Bogor, salah satu mitra menjadi pembina.

“Di pesantren itu, santri-santrinya belum bisa dipulangkan karena wabah, pasti mereka butuh,” ucap Herman.

Sejak didirikan pada 2016, Elite Squad Gojek fokus pada kegiatan sosial kemanuasiaan. Saat ini terdapat 1.200 mitra yang tergabung. Telah banyak aksi sosial yang mereka lakukan bersama, khususnya saat terjadi bencana.

Sumbang Tenaga

Salah satu mitra ojek online di Surabaya, Adi Zaenal Abidin mengaku bangga atas aksi penggalangan donasi yang dilakukan rekan sesama mitra. Ia mendapat tugas mendistribusikan bantuan sembako ke beberapa orang yang membutuhkan di Surabaya.

“Saya cuma perpanjangan tangan saja di bawah koordinator Surabaya, inisiatornya dari Jakarta. Saya bagikan ke orang-orang yang sekiranya lebih membutuhkan untuk makan. Saya bangga dengan apa yang mereka lakukan,” ujar Zaenal saat dihubungi pada Sabtu (18/4/2020).

Zaenal dan lima rekan lainnya yang bertugas membagikan bantuan sembako berkeliling ke beberapa titik untuk menyerahkan bantuan. Jumlah paket bantuan yang terbatas membuatnya harus teliti memilih siapa yang benar-benar membutuhkan.

“Yang saya lakukan ini cuma gerakan kecil, ibaratnya menggarami samudra. Saya belum bisa memuaskan orang banyak, tapi saya tidak mau juga membuat orang kecewa. Saya bagikan ke penambal ban, penarik becak motor dan beberapa rekan driver, tidak banyak,” ujarnya.

Di tengah situasi sulit seperti saat ini, Zaenal mengaku mencari alternatif penghasilan dengan menjual bumbu dapur.

“Ya, harus cari alternatif. Orderan turun terus, rata-rata dapat cuma Rp 50.000 sehari. Saya sama istri jual bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih agar bisa tetap bertahan,” katanya.

Ia mengaku bangga masih banyak rekan-rekannya yang memiliki kepedulian tinggi meski kondisi sedang tidak bersahabat. Harapannya semakin banyak pihak yang melakukan gerakan berbagi.

“Doakan yang terbaik untuk bangsa, kita dan semua yg terdampak. Semoga pandemi segera berakhir,” tuturnya. (Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *