Kalahkan Dortmund 2-0, PSG Lolos ke Perempatfina Liga Champions

Neymar/AFP

MEDANHEADLINES.COM-Neymar menjadi pahlawan Paris St. Germain. Dia dan Juan Bernat memastikan diri lolos ke perempatfinal Liga Champions. PSG mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 untuk melaju dengan keunggulan agregat 3-2.

PSG menjamu Dortmund di Parc des Princes dalam laga leg kedua babak 16 besar, Kamis (12/3/2020) dinihari WIB. Kedudukan awal 2-1 untuk keunggulan Dortmund usai memenangi leg pertama.

Kelolosan PSG ditentukan oleh gol-gol yang dicetak Neymar dan Juan Bernat di babak pertama. Dortmund menyudahi permainan dengan 10 orang setelah Emre Can diganjar kartu merah di menit-menit akhir pertandingan.

Hasil ini turut menandai laju terjauh PSG di Liga Champions dalam empat musim terakhir usai selalu kandas di babak 16 besar. Sementara Dortmund lagi-lagi tersisih di fase yang sama untuk ketiga kali berturut-turut.

Jalannya Pertandingan

PSG langsung menekan Dortmund sejak menit-menit awal. Akan tetapi, justru Dortmund yang mampu menciptakan peluang bersih pertama di pertandingan ini.

Di menit ke-19, Achraf Hakimi mengirim bola mendatar yang bergulir di depan gawang PSG tapi gagal dijangkau Erling Haaland. Bola diteruskan Raphael Guerreiro dengan crossing meski penyelesaian Jadon Sancho melenceng.

Enam menit kemudian, PSG membuang peluang emas. Umpan terobosan Di Maria membebaskan Edinson Cavani tapi dalam situasi one-on-one Buerki mampu membelokkan eksekusii striker PSG itu sehingga bola melebar tipis dari gawangnya.

Kebuntuan terpecah di menit ke-28. Neymar mencetak gol untuk membuka keunggulan PSG.

Gol tersebut tercipta diawali dari sepak pojok. Angel Di Maria melepaskan sepakan melengkung yang jatuh di depak gawang untuk disambut Neymar dengan sundulan yang tidak kuasa diadang Roman Buerki. PSG memimpin 1-0, sekaligus menyamakan agregat 2-2 dengan Dortmund.

Tertinggal, Dortmund mulai melakukan serangan-serangan. Kerjasama satu-dua Sancho dengan Guerreiro di sayap kiri diakhiri dengan sepakan dari sudut sempit tapi masih bisa diredam Keylor Navas. Sebelumnya, sepakan Sancho masih mengarah ke Navas.

Memasuki lima menit terakhir waktu normal, Dortmund kembali mengancam gawang PSG. Thorgan Hazard memenangi bola di sepertiga akhir sebelum dituntaskan dengan tembakan dari tepi kotak penalti, meski bola melenceng.

Hanya sebelum turun minum, PSG berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Skema serangan balik memungkinkan Pablo Sarabia mengirim umpan silang yang diselesaikan Juan Bernat dengan sontekan dari jarak dekat. Dengan kedudukan ini, PSG berbalik unggul agregat 3-2 dari Dortmund.

Tim tamu kemudian ganti aktif menyerang di awal-awal babak kedua, sekalipun belum mampu merepotkan Navas. PSG nyaris menambah keunggulannya saat tendangan bebas melengkung Di Maria ke arah sudut atas gawang bisa diselamatkan Buerki.

Giliran Dortmund menebar ancaman. Kerjasama dengan Emre Can dituntaskan Sancho dengan tembakan melengkung tapi bola masih melebar. Kemudian sepakan Julian Brandt melambung tipis di atas gawang PSG.

Di tengah usahanya mencetak gol, Dortmund justru kehilangan Can usai dikartu merah karena melanggar Neymar. Insiden itu menimbulkan keributan yang melibatkan pemain kedua kubu sebelum bisa diredakan.

Artikel ini sudah terbit di Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *