Ini Alasan Anak Kecil Jarang Terinfeksi Virus Corona

Dokter Konsultan Paru Penyakit Dalam RSCM Telly Kamelia. (Suara.com/Lilis Varwati)

MEDANHEADLINES.COM-Jumlah kasus terinveksi virus corona Covid-19 di dunia mencapai lebih dari 97 ribu. Sekitar 44 ribu di antaranya kasus terjadi di China dengan mayoritas menginfeksi orang dewasa dan lansia.

Dari total seluruh kasus, kurang dari 1 persen virus corona Covid-19 menginfeksi anak-anak. Bahkan dari 84 negara yang positif corona Covid-19, belum ada yang melaporkan kasus kematian pada anak-anak usia 0-9 tahun akibat virus tersebut.

Dokter Konsultan Paru Penyakit Dalam RSCM Telly Kamelia menjelaskan bahwa virus corona akan menyerang manusia yang memiliki sistem imun dan daya tahan tubuh lemah.

“Kalau anak kecil di atas lima tahun kekebalan tubuhnya sudah baik. Kalau balita di bawah lima tahun belum sempurna. Makanya kenapa posisinya kurang dari 1 persen dan yang kelihatan adalah yang imunitasnya menurun seperti lansia atau yang belum terbentuk sempurna seperti anak kecil di bawah lima tahun,” kata Telly di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Menurut Telly, anak-anak yang bergizi baik dan dalam pola asuh yang benar bisa dipastikan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

“Kalau misalkan dia anak kecil diberikan gizi yang baik, tidak stunting, gizinya yang diberikan cukup, vitamin cukup dan tidur cukup, kalau dalam pola asuh yang baik itu akan jarang atau susah terkena penyakit,” paparnya.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *