Orang Sehat Gampang Kena Corona bila Pakai Masker, Ini Kata Pakar

Pakai Masker

MEDANHEADLINES.COM-Pemakaian masker tidak diperlukan jika seseorang tidak sakit. Justru memakai masker saat sedang kondisi sehat akan meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19 kata seorang spesialis pencegahan infeksi lewat wawancara Forbes.

“Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum memakai masker dan setelah melepas masker, Anda bisa meningkatkan risiko,” kata profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Lowa, Dr Eli Perencevich seperti dilansir dari Asiaone.

Dia menyatakan, hanya orang sakit yang perlu memakai masker untuk mencegah virus agar tidak ditularkan kepada orang lain.

Dr Perencevich juga menambahkan bahwa masker bedah tidak mencegah penyebaran virus, tidak seperti respirator bedah seperti masker N95. Tetapi seperti yang disebutkan oleh para profesional medis lainnya, masker N95 juga tidak direkomendasikan.

Batuk merupakan gejala infeksi pneumonia misterius di China. (Shutterstock)
Perempuan batuk mengenakan masker. (Shutterstock)
Selain itu mengenakan masker sebenarnya dapat meningkatkan risiko infeksi murni dan dapat menyebabkan lebih banyak kontak wajah.

“Mereka akan lebih sering menyentuh wajah meskipun tanpa sadar,” kata Dr. Perencevich.

Tidak ada jaminan bahwa masker benar-benar bisa melindungi diri dari virus. Bahkan penggunaan masker yang tidak tepat atau tidak membuang masker dengan benar dapat meningkatkan risiko infeksi.

Dokter Perencevich juga memperingatkan, publik sebaiknya jangan panik dengan membeli dan menimbun masker. Sebab hak itu bisa menyulitkan tenaga medis yang sebenarnya lebih membutuhkan masker.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *