Gubernur Ridwan Kamil Bereaksi Soal 2 Warganya Kena Corona

Pasien Corona

MEDANHEADLINES.COM-Dua orang warga Depok, dinyatakan positif Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan imbauan terkait dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. Ia juga menyatakan bahwa rumah yang bersangkutan telah diisolasi.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil membenarkan bahwa dua warga Depok terjangkit virus corona.

Ia juga mengaku telah berhubungan dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melalui sambungan telepon terkait hal tersebut.

“Presiden Jokowi baru saja mengumumkan berita terkait 2 WNI yang positif terdampak vorus covid-19 atau corona virus. 2 WNI tersebut diduga terdampak dari Warga Jepang saat close contact di Jakarta,” tulis Ridwan, Senin (2/3/2020).

Ia melanjutkan, “Kedua warga tersebut berdomisili di Depok. Bapak Menteri Kesehatan dalam sambungan telepon meyakini bahwa virus corona tidak ada di rumah mereka atau di lingkungan domisili mereka di Depok. Semoga benar adanya. Situasi saat ini, rumah yang bersangkutan sudah diisolasi”.

Dalam unggahan yang menunjukkan tangkapan layar berbagai judul berita terkait dua warga negara Indonesia (WNI), Ridwan Kamil juga memberikan imbauan kepada warganya.

Kang Emil, sapaan Ridwan, mengimbau, “Kepada kita semua, mari saling mengingatkan untuk jaga kesehatan dan kebugaran fisik kita agar imunitas tubuh selalu kuat”.

Selain itu ia juga meminta warganya segera melapor ke Rumah Sakit terdekat jika mengalami atau melihat orang terdekat menunjukkan gejala demam, batuk dan sesak nafas bersamaan.

Ridwan Kamil menegaskan, “Pemerintah pusat dan daerah sudah menyiapkan fasilitas isolasi yang baik dan berstandar WHO di banyak rumah sakit. Pintu masuk ke wilayah NKRI juga sudah dari awal tahun diperketat dengan thermal scanner untuk memastikan kita bisa mendeteksi dengan baik”.

“Jangan lupa saling mendoakan agar kita dijauhkan dari marabahaya,” pungkasnya.

Pantauan Suara.com, unggahan Ridwan Kamil ini dalam waktu kurang dari 15 menit sejak diunggah telah mendapatkan lebih dari 16 ribu like.

Warganet juga memberikan lebih dari 500 komentar di sana. Beberapa netizen memberikan pertanyaan di unggahan tersebut.

“Pak kenapa orang Jepang-nya tidak terdeteksi sewaktu di bandara?” tanya @fennyfebrii.

“Pak kenapa identitas (pasien) tidak diberitahu?” tulis @wimbawisesa.

“Mana yang bilang orang Indonesia kebal Corona?” komentar dari akun @djoko47.

Kronologis Dua Warga Depok Terinfeksi Virus Corona

Dua warga Depok terinfeksi virus corona, diumumkan Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Jakarta, Senin (2/3/2020). Keduanya adalah ibu dan anak.

Seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun positif terjangkit virus corona jenis baru (COVID-19).

“Ternyata orang yang terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang. Seorang ibu yang umurnya 64 dan putrinya yang berumur 31 tahun dicek oleh tim kita ternyata pada posisi yang sakit,” kata Jokowi.

Menurut penelusuran, dua WNI tersebut terjangkit dari seorang WN Jepang yang berkunjung ke rumah keduanya di Depok.

“Minggu yang lalu ada informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana ternyata positif corona. Tim dari Indonesia langsung menelusuri orang Jepang ini ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu dengan siapa ditelusuri dan ketemu,” ungkap Jokowi.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *