Timnas Basket Indonesia Dipermalukan Korea Selatan di Kualifikasi FIBA

Pebasket asing Brandon Jawato dan Lester Prosper (kanan) akan memperkuat Timnas Indonesia yang menggunakan nama Indonesia Patriots di IBL 2020. [Dok. IBL]

MEDANHEADLINES.COM-Timnas Basket Indonesia, dipermalukan Korea Selatan dalam laga pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Kamis (20/2/2020) malam WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara itu, Indonesia kalah telak skor telak 76-109.

Pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman Toroman menegaskan bahwa tak ada siapa pun yang harus dikambinghitamkan dalam kekalahan ini.

Namun, bila boleh sedikit beralasan, absennya Brandon Jawato dan Lester Prosper disebutnya sangat berpengaruh.

Brandon dan Lester sejatinya dipersiapkan Timnas Indonesia untuk bermain di kualifikasi Asia ini.

Proses naturalisasi kedua pemain gagal selesai tepat waktu, hingga memaksa skuat Garuda hanya tampil dengan pemain lokal.

Kehilangan Brandon dan Lester dinilai Toroman berpengaruh cukup besar.

Indonesia, kata Toroman, jadi tak memiliki opsi mencetak angka di area dalam atau paint area.

“Tanpa Jawato dan Prosper kami tak memiliki pemain yang bisa menyelesaikan masalah. Guard kami ingin mencetak angka dengan cara penetrasi, tapi itu gagal,” jelas Toroman.

“Tanpa keduanya, kami jadi tak memiliki peluang di paint area. Kami tak bisa berbuat banyak di paint area,” tambahnya usai laga.Kehilangan Lester dan Brandon sangat memengaruhi statistik Timnas Indonesia secara signifikan.

Selain produksi angka yang menurun, aspek rebound skuat Garuda juga terlihat cukup memprihatinkan.

Indonesia tercatat hanya mencetak 30 rebounds (delapan ofensif dan 22 defensif).

Sisi ofensif rebound pasukan Toroman jelas terlihat amat buruk. Padahal semakin tinggi jumlahnya, maka peluang mencetak angka otomatis semakin besar.

“Saat ini kami memang memiliki tiga pemain yang bisa bermain di paint area yakni Kevin (Yonas Sitorus), Vincent (Rivaldy Kosasih), dan (Hardian) Wicaksono. Namun, Wicak itu tipe pemain nomor 4, bukan big man,” beber Toroman.

Di laga kedua Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Indonesia akan menghadapi Filipina di Britama Arena, Minggu (23/2/2020).

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

(pace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *