Liverpool Tutup Laga Terakhir di Penghujung Tahun dengan Kemenangan

Penyerang Liverpool, Sadio Mane (kiri) merayakan golnya ke gawang Wolves bersama bek Virgil van Dijk serta kapten tim Jordan Henderson, dalam laga Liga Inggris 2019/2020 di Anfield, Senin (30/12/2019) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]

MEDANHEADLINES.COM-Liverpool sukses memenangkan lagi terakhir penghujung tahun di di Liga Inggris musimĀ  2019/2020 . Meghadapi laga pamungkas kontra Wolves di Anfield, Senin (30/12/2019) dini hari WIB, The Reds sukses meraih kemenangan.

Liverpool hanya bisa menang tipis 1-0 atas Wolves berkat gol tunggal Sadio Mane pada menit ke-42. Meski demikian, kemenangan teranyar ini adalah bukti sahih betapa dominannya Liverpool di Liga Inggris musim ini.

Melakoni 19 laga, Liverpool asuhan Jurgen Klopp sukses menyabet 18 kemenangan dan hanya sekali seri tanpa pernah kalah.

Jadilah Liverpool kian kukuh di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2019/2020 dengan raihan 55 poin.

The Reds kini unggul 13 poin dari pesaing terdekat mereka, Leicester City yang ada di peringkat kedua. Belum cukup sampai di situ, Liverpool juga masih mengantongi tabungan satu laga tunda.

Bicara rekor unbeaten, Liverpool kini juga sudah tak terkalahkan dalam 36 laga di pentas Liga Inggris.

Kekalahan terakhir Liverpool terjadi di Liga Inggris musim lalu, yakni dari tuan rumah Manchester City dengan skor 1-2 pada 4 Januari 2019 lalu.

Jalannya Pertandingan

Tampil di kandang sendiri, Liverpool langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Beberapa kans mencetak gol didapat, namun peluang-peluang yang didapat Mohamed Salah dan Gini Wijnaldum masih gagal berbuah gol.

Di sisi lain, peluang-peluang Wolves via Diogo Jota maupun Pedro Neto tak begitu membahayakan gawang Liverpool kawalan kiper Alisson Becker.

Setelah cukup dipusingkan dengan pertahanan disiplin Wolves yang dikomandoi Conor Coady, Liverpool akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-41 berkat aksi Mane yang memanfaatkan usaha Adam Lallana.

Sempat dianggap wasit meneruskan bola dengan lengannya, tetapi VAR memberikan bukti bila bola diteruskan Lallana dengan bahunya, sebelum Mane menjebol gawang tim tamu dengan sontekan mudah di sisi kiri gawang.

Setelah kebobolan, Wolves langsung terlecut memaksa bola berada di area pertahanan Liverpool pada sisa waktu babak pertama, termasuk tiga menit injury time.

Tepat pada menit ketiga injury time, Pedro Neto berhasil menjebol gawang Liverpool lewat sebuah situasi sepak pojok .

Sayang, Neto sudah kadung melakukan selebrasi meluap-luap, akan tetapi VAR kembali ‘berulah’ dan golnya dianulir.

Musababnya, dalam proses serangan ditemukan bahwa wing-back Wolves, Jonny Castro terjebak posisi offside sebelum bola bersarang ke gawang Liverpool. Jadilah Liverpool tetap unggul 1-0 saat turun minum.

Memasuki paruh kedua, Wolves lebih banyak menguasai bola dan melancarkan serangan, tapi Liverpool balas merapatkan pertahanan mereka demi menjaga keunggulan.

Bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk sempat melakukan blunder yang hampir dibayar mahal pada menit ke-68, memberikan kesempatan Jota merangsek ke dalam kotak penalti.

Akan tetapi, tendangan penyerang internasional Portugal itu masih mampu dimentahkan oleh Alisson.

Sebaliknya, Liverpool punya peluang menggandakan keunggulan pada menit ke-80 lewat sebuah serangan balik.

Namun, kapten Wolves Conor Coady melakukan jegalan penting di dalam kotak 16 untuk merebut bola dari kaki Mohamed Salah.

Empat menit kemudian, giliran Joe Gomez yang menyelamatkan gawang Liverpool dari ancaman dengan halauan tipisnya, untuk membuat bola tembakan Raul Jimenez dari dalam kotak penalti hanya berakhir jadi sepak pojok.

Wolves terus berjuang untuk setidaknya membawa pulang satu poin dari Anfield, tetapi kerja keras mereka tak membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Dengan kekalahan ini, Wolves yang pada laga Boxing Day lalu sukses mempermalukan juara bertahan kompetisi, Manchester City dengan skor 3-2 di Molineaux, pun tertahan di peringkat ketujuh klasemen dengan raihan 30 poin dari 20 laga.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Adam Lallana (Naby Keita), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (James Milner); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp

Wolves (3-5-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Max Kilman; Jonny Castro, Leander Dendoncker (Adama Traore), Ruben Neves (Romain Saiss), Joao Moutinho, Ruben Vinagre; Pedro Neto, Diogo Jotas (Raul Jimenez)

Pelatih: Nuno Espirito Santo

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

(pace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *