Comeback Manis, Chelsea Menangi Derbi London di 10 Menit Akhir Laga

Penyerang Chelsea, Tammy Abraham melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal dalam laga Liga Inggris 2019/2020 di Emirates Stadium, London, Minggu (29/12/2019) malam WIB. [Ian KINGTON / IKIMAGES / AFP]

MEDANHEADLINES.COM-Arsenal kembali kalah. Peluang memenangi derbi London sirna usai comeback manis Jorginho dan Tammy Abraham.

Chelsea sukses memenangi Derby London dengan skor 2-1 di kandang Arsenal, setelah tuan rumah membuang keunggulan yang sempat mereka miliki sejak menit ke-13 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris 2019/2020 di Emirates Stadium, London, Minggu (29/12/2019) malam WIB.

Pierre-Emerick Aubameyang membawa Arsenal unggul pada menit ke-13, akan tetapi dua gol telat dari Jorginho dan Tammy Abraham pada 10 menit terakhir laga memastikan comeback Chelsea untuk mengamankan tiga poin.

Hasil minor ini pun memaksa Mikel Arteta harus menunggu hingga tahun 2020 untuk bisa merasakan kemenangan pertama sejak diberi pekerjaan menangani Arsenal, sedangkan Frank Lampard sukses menutup 2019 dengan membawa Chelsea kembali ke jalur kemenangan.

Chelsea sekaligus memantapkan posisinya di peringkat keempat klasemen dengan koleksi 33 poin dari 20 laga yang telah dilakono, sementara Arsenal (24 poin) tertahan di urutan ke-12.

Jalannya Pertandingan

Sempat mengawali pertandingan dengan baik, dua peluang David Luiz untuk Arsenal belum membuahkan hasil.

Sementara itu, tembakan gelandang serang Chelsea, Mason Mount masih bisa diamankan kiper tuan rumah, Bernd Leno.

Pada menit ke-13, Aubameyang membuka keunggulan Arsenal setelah menanduk flick sundulan Calum Chambers dalam situasi sepak pojok.

Chambers sendiri kemudian terpaksa keluar lapangan dengan tertatih-tatih pada menit ke-23. Cedera, sang bek digantikan oleh Shkodran Mustafi.

Sementara itu, melihat timnya yang tak bisa mengembangkan permainan, bahkan terus ditekan Arsenal, Lampard menarik keluar wing-back Emerson Palmieri pada menit ke-34 meski tidak cedera. Emerson digantikan oleh gelandang tengah Jorginho.

Namun, tak ada gol tambahan pada sisa waktu babak pertama. Arsenal unggul 1-0 memasuki half-time.

Pada awal babak kedua, Chelsea berpeluang mencetak gol balasan. Situasi bola mati berakhir dengan sambaran jarak jauh N’Golo Kante. Sayang, sepakan sang gelandang masih melebar dari sasaran.

Keadaan yang tak kunjung berubah membuat Lampard melakukan perjudian besar dengan menarik keluar bek sentral muda Fikayo Tomori pada menit ke-59, dan memasukkan youngster lainnya, yakni Tariq Lamptey.

Sang fullback yang baru berusia 19 tahun itu melakoni debutnya bersama tim utama Chelsea.

Sejak Lamptey masuk, alur permainan berpindah ke tangan Chelsea, hingga pada menit ke-83 Jorginho akhirnya sukses menyamakan skor.

Tanpa kawalan di area tiang jauh, Jorginho melakukan sontekan mudah di depan gawang Arsenal yang tak bertuan. Ya, Leno melakukan blunder dengan kegagalannya meninju bola tendangan bebas Mount.

Hanya empat menit berselang, lini belakang Arsenal kembali dipecundangi tim tamu, kali ini lewat sebuah counter-attack maut.

Di dalam kotak 16, Abraham menerima umpan tarik dari Willian untuk mengecoh Mustafi, sebelum melepaskan tembakan yang menaklukkan Leno dan membawa Chelsea berbalik unggul 2-1.

Arsenal berusaha keras untuk bangkit, setidaknya mengamankan satu poin dalam tujuh menit injury time. Akan tetapi, umpan silang Lucas Torreira yang disambut tembakan voli Aubameyang masih melebar dari sasaran.

Chelsea pun menutup tahun 2019 dengan memenangi Derby London dan bakal membuka 2020 dengan bertandang ke markas Brighton pada Rabu (1/1/2019) malam WIB, dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris 2019/2020.

Sedangkan Arsenal masih mencari kemenangan perdana di era kepelatihan Mikel Arteta dengan menjamu Manchester United di Emirates Stadium, Kamis (2/1/2019) dini hari WIB.

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers (Shkodran Mustafi), David Luiz, Bukayo Saka; Matteo Guendouzi, Lucas Torreira; Reiss Nelson (Nicolas Pepe), Mesut Ozil (Joe Willock), Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette.

Pelatih: Mikel Arteta (Spanyol)

Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Fikayo Tomori (Tariq Lamptey); Cesar Azpilicueta, N’Golo Kante, Mateo Kovacic (Callum Hudson-Odoi), Emerson (Jorginho); Willian, Mason Mount, Tammy Abraham.

Pelatih: Frank Lampard (Inggris)

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

(pace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *