Arca Ganesha Terbesar di Dieng Ditemukan Petani saat Mencangkul

Penemuan Arca Ganesha terbesar di Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Wonosobo. [Suara.com/Khoerul]

MEDANHEADLINES.COM-Warga Dieng kembali menemukan arca Ganesha terbesar di Dieng. Arca tersebut berukuran 1,4 meter dengan lebar 1,2 meter.

Arca tersebut diduga benda situs purbakala yang disinyalir peninggalan umat Hindu. Di lahan seluas sekitar 7×10 meter, seorang petani, Widi, kaget saat mengolah lahannya di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Wonosobo. Cangkul yang ia tancapkan ke tanah, tiba-tiba membentur batuan dengan bentuk tak biasa.

Batuan itu mirip lapik Arca Ganesha, Dewa bertubuh manusia berkepala gajah dalam kepercayaan umat Hindu. Sayang, Arca itu ditemukan sudah tidak utuh. Kepala Arca putus dan belum ditemukan hingga sekarang.

Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jateng melanjutkan penggalian untuk mengungkap lebih jauh penemuan itu. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Objek Wisata Dieng Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, sampai saat ini Arca setinggi 1,4 meter dengan lebar 1,2 meter itu masih dibiarkan di tempatnya.

Warga sulit mengangkat arca itu karena ukurannya yang terlalu besar. Kemungkinan pengangkatan akan dilakukan menggunakan alat khusus.

“Belum diangkat, entah berapa kuintal itu berat,”katanya

Temuan tidak berhenti di situ. Petugas juga menemukan beberapa batu persegi dan batu seperti profil atap candi.

Penemuan arca ini menurut Aryadi penting karena merupakan Arca terbesar yang pernah ditemukan di Dieng. Keunikan lainnya, ia menemukan motif bunga teratai pada Arca itu. Selain itu, petugas juga menemukan batu bata berbahan tanah liat di sekitar arca yang jarang ditemukan di Dieng.

“Untuk menyimpulkan peradabannya nanti masih diteliti ahli,” katanya.

Aryadi mengatakan, ternyata sebelum penemuan ini, warga sebelumnya pernah menemukan banyak benda purbakala di lokasi itu, di antaranya batuan kemuncak candi. Sejumlah fragmen, bahkan dimanfaatkan warga untuk memagari kebunnya.

Sekitar 5 meter dari penemuan Ganesha, konon warga juga sempat menemukan patung kepala sapi. Tetapi patung itu entah hilang kemana karena tidak lagi ditemukan sekarang.

Aryadi mengatakan, Arca Ganesha ini merupakan satu-satunya Arca yang bermotif bunga teratai di Dieng. Ukurannya pun paling besar dibanding Arca lainnya, termasuk yang tersimpan di museum Kaliasa Dieng.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

(pace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *