Kalahkan Donetsk 3-0, Atalanta Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Para pemain Atalanta merayakan gol kemenangan di kandang Shakhtar Donetsk dan memastikan diri lolos 16 besar Liga Champions 2019/2020. (Foto: AFP)

MEDANHEADLINES.COM-Atalanta menambah wakil Italia masuk ke babak 16 Liga Champions musim ini seelah sukses menekuk Shaktar Donetsk.

Laga dramatis tersaji di matchday terakhir grup C Liga Champions, Kamis (12/12/2019) dini hari WIB. Atalanta yang akhirnya memastikan diri lolos 16 Liga Champions usai menang telak 3-0 di kandang  Shaktar Donetsk.

Sebelum laga digelar, Atalanta berada di posisi paling bawah dengan empat poin. Sementara Shakhtar memiliki peluang lebih besar karena ada di peringkat kedua dengan enam poin di bawah Manchester City yang sudah memastikan diri lolos.

Kemudian ada Dinamo Zagreb yang ada di posisi ketiga dengan lima poin.

Sayang, keunggulan poin itu gagal dimanfaatkan Shakhtar Donetsk. Wakil Ukraina itu justru gagal menang di kandang sendiri dan kalah 0-3 dari Atalanta. Tak ayal posisi mereka akhirnya tergusur Atalanta yang langsung melesat ke posisi kedua dengan tujuh poin.

Sementara Dinamo Zagreb yang juga memiliki peluang untuk lolos juga gagal karena kalah 1-4 saat menjamu Manchester City.

Tak sekedar butuh keajaiban, Atalanta butuh bekerja keras saat bertandang ke markas Shakhtar Donetsk. Sadar butuh kemenangan, anak-anak asuhan pelatih Gian Piero Gasperini langsung menerapkan permainan menyerang. Sayang hingga babak pertama usai, laga berakhir imbang 0-0.

Roda nasib Atalanta di Liga Champions berubah saat Timothy Castagne membawa wakil Italia itu unggul 0-1 di menit 68. Ditambah petaka bagi tuan rumah di menit 77 kala Dodo mendapat hukuman kartu merah dari wasit.

Unggul jumlah pemain langsung dimanfaatkan para pemain Atalanta. Tiga menit usai kartu merah, tepatnya di menit 80, gol kedua Atalanta tercipta melalui aksi Mario Pasalic memanfaatkan assist Ruslan Malinovsky.

Menjelang bubaran, yakni di menit 90, Atalanta makin menjauh dengan torehan gol ketiga lewat aksi Robin Gosens. Kemenangan 0-3 mengatrol Atalanta menemani City lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/2020.

Susunan pemain

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov, Dodo, Sergey Krivtsov, Mykola Matviyenko, Ismaily, Alan Patrick, Taras Stepanenko, Tete, Viktor Kovalenko, Taison, Junior Moraes

Atalanta (3-4-2-1): Pierluigi Golini, Andrea Masiello, Jose Luis Palomino, Berat Djimsiti, Robin Gosens, Remo Freuler, Marte de Roon, Timothy Castagne, Alejandro Gomez, Mario Pasalic, Luis Muriel

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

(pace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.