Banjir Promo dan Hadiah untuk Pelanggan GoFood di MaMiMuMeMo

Konferensi pers dengan narasumber Teuku Parvinanda – Head of Regional Corporate Affairs Gojek Sumatera (paling kiri), pemilik Zeribow, dan Sendika Kurniawan – mitra driver Gojek Medan pemenang MaMiMuMeMo 2018/Gojek

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Tingginya animo masyarakat Kota Medan membuat GoFood kembali menghadirkan festival kuliner online terbesar di Indonesia, Makan Minum Murah Menang Mobil-Motor-Mobile Phone (MaMiMuMeMo) 2. Ajang ini juga mempertegas posisinya sebagai pionir sekaligus pemimpin pasar layanan pesan-antar makanan di Indonesia dan Asia Tenggara.

Festival digelar serentak di 16 kota di Indonesia dengan periode program yang lebih lama yakni mulai 8 November 2019 hingga 12 Januari 2020. Ragam promo untuk pelanggan GoFood, kemudian berkesempatan memenangkan hadiah utama yang lebih banyak. Berbeda dengan Festival Promo MaMiMuMeMo tahun lalu, kali ini total hadiah mencapai Rp1 miliar lebih untuk para konsumen, mitra merchant, maupun driver.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Sumatera Teuku Parvinanda mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya, untuk mendapatkan kesempatan memenangkan berbagai hadiah cukup dengan melakukan pembelian melalui GoFood pada aplikasi Gojek.

Nomor pesanan dari transaksi akan menjadi bukti keikutsertaan, pelanggan akan mendapat notifikasi keikutsertaannya. Pengundian hadiah dapat disaksikan masyarakat setiap dua minggu sekali yang akan ditayangkan di RCTI. Pengundian hadiah utama dilakukan setelah periode promo berakhir.

“Lewat festival ini, GoFood terus berupaya mendukung para pelaku kuliner tanah air dalam meningkatkan skala bisnis dan memperluas akses pasar. Para mitra merchant GoFood pun dipermudah untuk ikut serta, hanya dengan mengklik banner ‘rekomendasi promo’ dan memilih menu yang akan diikutsertakan dalam promo lewat aplikasi GoBiz,” kata Parvinanda, Senin (18/11).

Menurutnya, animo masyarakat yang luar biasa terhadap Festival Promo MaMiMuMeMo tahun lalu berhasil meningkatkan rata-rata pendapatan mitra merchant GoFood secara nasional hingga 2,5 kali lipat. Dampak positif tersebut membawa gelombang baru merchant yang ikut serta pada tahun meningkat empat kali lipat menjadi 20.000 outlet kuliner dibandingkan tahun lalu.

“Untuk Kota Medan, tahun ini ada 1.100 outlet lebih yang ikut serta. Naik 11 kali lipat dibanding tahun lalu, dan masih terus bertambah seiring berjalannya promo,” ujar dia.

Parvinanda menjelaskan, sebagai bagian dari ekosistem Gojek, GoFood diandalkan oleh jutaan masyarakat setiap hari sebagai layanan pesan-antar makanan. Dengan aplikasi ini, konsumen dapat mengakses rekomendasi lebih dari 12 juta pilihan menu dari 500 ribu merchant kuliner yang tersedia dalam genggaman. Pencapaian ini merupakan bukti kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap inovasi dan inisiatif yang terus dihadirkan Gojek selama empat tahun terakhir.

Data internal GoFood menunjukkan peningkatan pertumbuhan transaksi sebesar 2,5 kali lipat pada kuartal ketiga 2019 dibandingkan kuartal yang sama di 2018, atau 50 juta transaksi lebih setiap bulan. Parvinanda bilang, kepercayaan yang diberikan konsumen merupakan kebanggaan.

Kepercayaan ini terbukti dari hasil riset Nielsen Singapura yang menyebut 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan terbaik di Indonesia, jauh lebih tinggi dibanding dengan rata-rata industri yang hanya menunjukkan angka 39 persen.

Selain menawarkan kuliner nikmat dan murah, inovasi teknologi serta program dan inisiatif yang ditawarkan GoFood dapat memotivasi industri kuliner Indonesia untuk berkontribusi lebih banyak lagi terhadap perekonomian.

Saat ini tercatat seluruh mitra Gojek berkontribusi sebesar Rp1,7 triliun ke perekonomian Kota Medan di 2018 melalui penghasilan mereka. Setelah bergabung menjadi merchant GoFood, 93 persen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Medan mengalami kenaikan volume transaksi.

“Ke depannya, GoFood akan fokus mengembangkan tiga strategi bisnis jangka panjang yakni mengutamakan kepuasan pelanggan, ekspansi bisnis dan keberlanjutan bisnis melalui inovasi,” kata pria ramah itu.

Sebelum mengakhiri penjelasannya, Parvinanda menambahkan bahwa Festival Promo MaMiMuMeMo 2 hadirkan inovasi diskon Happy Hour setiap Senin pukul 13.00 sampai 16.00 WIB untuk mendorong transaksi para mitra merchant GoFood. Sejak diluncurkan, promo ini terbukti membantu transaksi merchant untuk tumbuh sekitar 90 persen.

Ucapannya diamini Steven, pemilik Zeribowl. Katanya, sejak menjadi mitra GoFood di 2016, dia merasakan berbagai manfaat, termasuk penjualan yang semakin meningkat saat ikut MaMiMuMeMo tahun lalu. Di MaMiMuMeMo 2, meski promo baru berlangsung selama seminggu, jumlah transaksi dari pelanggan lewat aplikasi GoFood naik dua kali lipat dan semakin bertambah setiap hari.

Regional Corporate Affairs Manager Gojek Wilayah Sumatera Dian Lumbantoruan menambahkan, Gojek merupakan perusahaan berbasis teknologi penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara. Berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua.

Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya. Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara.

“Kuartal ketiga 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh oleh lebih dari 155 juta pengguna. Dua juta lebih mitra pengemudi, 500 ribu mitra merchants, dan 60 ribu lebih penyedia layanan di Asia Tenggara,” kata Dian.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari dan membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat, khususnya di sektor informal dan UMKM. Pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya dalam daftar perusahaan yang mengubah dunia versi Majalah Fortune 2019. (Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.