Besok, 12 Ton Bantuan Warga Sumut untuk Korban Karhutla Riau Dilepas

Dok: Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau meninggalkan penderitaan bagi banyak orang. Bukan hanya warga Riau, banyak warga Sumatera Utara pun menjadi korban meski tidak separah mereka yang berada dekat dengan lokasi kebakaran. Banyak dari mereka membutuhkan bantuan.

Aksi Cepat Tanggap bekerjasama dengan BPBD Sumut dan Pemerintah Provinsi Sumut akan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Riau.

Bantuan berasal dari para donatur dan mitra ACT Sumut yang peduli. Terkumpul 12 ton lebih yang terdiri dari beras, susu UHT, infus Na CI, kacang hijau, masker dan air mineral.

“Insha Allah bantuan dilepas besok pagi di halaman kantor BPBD Sumut,” kata Ilham dari ACT Sumut, Minggu (20/10).

Dibawa dua armada truk, bantuan akan melewati belasan kabupaten dan kota di Sumut, dan akan berhenti di Kota Pekanbaru.

“Terakhir, diterima ACT Riau,” pungkasnya.

Data dari Pusat Data Informasi dan Humas BNPB pada 17 Oktober 2019 menyatakan, kondisi umum di Sumatera masih terdeteksi asap yang cukup tebal di Jambi dan Sumatera Selatan. Hal ini terlihat dari jarak pandang yang pendek dan kondisi cuaca yang berasap. Jarak pandang dan cuaca di beberapa bandara di Sumatera yaitu Sibolga 3.2 km (berasap), Pekanbaru 2.0 km (udara kabur), Kerinci 3.0 km (berawan), Jambi 0.4 km (berasap), dan Palembang 0.8 km (berasap).

Pantauan hotspot dari LAPAN yang dianalisis oleh BMKG pada jam 07.00 WIB dengan tingkat kepercayaan 81 persen – 100 persen menunjukkan Riau 16 titik, Jambi 134 titik, dan Sumatera Selatan 89 titik. Hotspot yang cukup banyak di Papua yaitu 267 titik. (Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *