Ini 4 Pantangan Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Perut Kosong

Ilustrasi minum kopi saat perut kosong. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Puasa membuat perut kosong selama belasan jam dalam sehari. Meski kondisi perut kosong sendiri sebenarnya bukanlah hal yang membahayakan kesehatan, namun ada beberapa pantangan yang harus ditaati dalam kondisi perut kosong.

Itu artinya, Anda dilarang melakukan hal-hal berikut ini saat buka puasa, ketika kondisi perut kosong, karena dikhawatirkan akan memengaruhi kesehatan. Apa saja? Ini dia daftarnya, mengutip Times Indonesia.

1. Minum kopi

Minum kopi, bagi para penikmat kopi, adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari setidaknya sekali sehari. Itu sebabnya, tak sedikit orang yang mencari kopi begitu buka puasa.

Sayangnya, menurut pakar kesehatan, minum kopi saat perut masih dalam kondisi kosong bisa membahayakan saluran pencernaan. Kandungan asam pada kopi bisa memicu heartburn yang mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi agar tidak mengalami masalah pencernaan tersebut.

2. Minum jus buah yang memiliki rasa asam

Beberapa jenis buah sitrus, seperti jeruk, memberi rasa segar ketika dinikmati sebagai jus atau es jeruk saat buka puasa. Hanya saja, buah ini memiliki sifat asam sehingga bisa menyebabkan perut teriritasi jika dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong.

Untuk mensiasatinya, cobalah minum air putih terlebih dahulu sebelum minum jus atau es jeruk, dan kemudian disambung dengan makan berat.

3. Melakukan olahraga berat

Banyak orang yang memilih untuk berolahraga saat perut kosong, karena menganggap makanan yang dikonsumsi bisa membuat perut begah, tidak nyaman, dan mual saat berolahraga.

Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini justru akan membuat tubuh kekurangan energi sehingga olahraga menjadi tidak maksimal untuk dilakukan.

4. Minum obat antiradang

Beberapa jenis obat anti inflamasi seperti parasetamol atau aspirin sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong karena bisa membuat lambung teriritasi.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *