Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan, Harus Minum Seberapa Banyak?

MEDANHEADLINES.COM – Penurunan berat badan pada dasarnya adalah konsep yang sangat sederhana, yakni perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

Tetapi kadang-kadang ada banyak faktor yang bisa mempersulit dan membuat kita menumpuk banyak lemak. Jika kamu terpikir untuk menurunkan berat badan, bisa dimulai dengan hal paling dasar, yakni minum air putih.

Banyak penelitian menemukan minum lebih banyak air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti dilansir dari Healthline, ada berbagai penelitian yang menunjukkan bagaimana minum air putih dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Satu studi menunjukkan minum satu porsi (0,5 liter) air meningkatkan pengeluaran energi istirahat sebesar 24-30% dalam 10 menit. Situs web itu juga merujuk beberapa penelitian lain di mana orang yang kelebihan berat badan minum 1-1,5 liter setiap hari selama beberapa minggu.

Mereka yang mengambil bagian dalam penelitian itu melihat penurunan yang signifikan dalam berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang dan lemak tubuh.

Ilustrasi minum air putih saat perut kosong. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih saat perut kosong. (Shutterstock)

Menurut Healthline, hasilnya lebih mengesankan ketika minum air dingin, karena tubuh menggunakan kalori ekstra untuk menghangatkan air hingga sesuai suhu tubuh.

Nah untuk dapat menurunkan berat badan, seseorang dianjurkan untuk minum 6 hingga 8 gelas air putih sehari. NHS merekomendasikan, “Jika Anda tidak menyukai rasa air putih, cobalah air soda atau tambahkan seiris lemon atau jeruk nipis.” (raj/suara.com)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *