Antisipasi Lonjakan Penumpang, Ini Yang Dilakukan PT KAI Divre Sumut

MEDANHEADLINES. COM, Medan – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumut menerapkan sejumlah kebijakan khusus menghadapi lonjakan penumpang selama suasana Lebaran.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar, mengungkapkan pemesanan tiket kereta api di wilayah kerjanya sudah mengalami peningkatan meski Lebaran masih tiga minggu lagi.

“Hingga kini pemesanan tiket sudah mencapai angka 21 persen dari 152.152 kursi yang kami sediakan,” ujarnya di Medan, Selasa (14/5).

Per 12 Mei 2019, pemesanan tiket sudah sebanyak 32.129 yang mana pemesanan tersebut untuk kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi.

Jumlah pemesanan itu dinilai tergolong tinggi karena PT KAI Divre I Sumut baru membuka penjualan pada 25 Februari 2019.

Dengan perincian, tiket KA  Sri Bilah Utama, Sri Bilah Premium dan Putri Deli, sudah bisa dipesan sejak H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan. Sedangkan KA Siantar Ekspres dan KA Sri Lelawangsa baru bisa dipesan H-30.

Karena itu, untuk mendapat kepastian keterserdiaan tiket, dia berharap para calon penumpang memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan mudik maupun balik.

Lebih lanjut Ilud menuturkan, mengacu pada hari Libur Nasional dan Cuti Bersama yang telah ditetapkan Pemerintah, KAI Divre I Sumut memerkirakan puncak arus mudik terjadi pada Jumat (31/5) atau H-5 lebaran.

“Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (9/6) atau H+3 lebaran,” sambungnya.

Selama suasana Lebaran 2019 ini, kata dia, KAI Divre I Sumut mengoperasikan 40 KA regular. Terdiri dari 6 perjalanan KA Sri Bilah Utama relasi dan Medan-Rantau Prapat pergi pulang.

Kemudian dua perjalanan KA Sri Biliah Premium relasi Medan-Rantau Prapat pulang pergi.

Selain itu, KAI Sumut juga mengoperasikan enam perjalanan KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai pergi pulang serta dua perjalanan KA Siantar Ekspres relasi Medan-Siantar pergi pulang.

Ditambah lagi 24 perjalanan KA Sri Lelawangsa relasi Medan-Binjai pergi pulang.

Mengenai kesiapan kapasitas, KAI Sumut juga menyediakan sekitar 17.728 tempat duduk untuk KA jarak jauh dan KA lokal setiap hari.

Dan untuk menghadapi peningkatan jumlah pengunjung, channel penjualan tiket pun telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing.

Termasuk menambah application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari biasanya.

“Langkah itu bertujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(yp)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *