Peringati Jumat Agung, Pemuda NHKBP Sarudik Gelar Prosesi Jalan Salib

MEDANHEADLINES.COM – Ratusan pemuda-pemudi HKBP Sarudik, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menggelar prosesi jalan salib untuk memeriahkan hari Jumat Agung, Jumat (19/4).

Proses jalan salib yang dilaksanakan ini adalah menggambarkan kisah sengsara Yesus Kristus ketika ditangkap tentara Romawi hingga disalibkan di bukit Golgota.

Acara yang dimulai pada pukul 15.00 WIB ini dilaksanakan setelah acara kebaktian selesai. Ratusan jemaat pun mulai terlihat memadati halaman gereja HKBP Sarudik.

Dari gereja inilah jemaat yang terdiri dari orang tua, remaja, anak-anak tampak khusyuk menyaksikan dramatisasi ini. Mulai dari proses penangkapan, penjatuhan hukuman hingga penyaliban Yesus.

Penderitaan Yesus yang diperankan salah seorang pemuda membuat suasana berubah menjadi haru. Tidak sedikit jemaat tak kuasa menahan tangis saat menyaksikan proses jalan salib tersebut.

“Salibkan dia..salibkan dia…salibkan dia…,” teriak pemuda NHKBP yang berperan sebagai warga Yahudi.

Disana juga sejumlah tentara Romawi yang diperankan ratusan anak muda. Oloan Sinaga yang berperan sebagai Yesus berulang kali dicambuk hingga terjatuh.

Meski cuaca sangat panas, namun warga jemaat terlihat antusias menyaksikan dari dekat prosesi jalan salib yang melibatkan lebih dari 100 pemuda NHKBP Sarudik.

Puncak keharuan pun semakin terasa saat Yesus disalib di Halaman gereja yang dijadikan sebagai Bukit Golgota.

“Terharu juga menyaksikan proses penyaliban Yesus yang dibawakan oleh pemuda NHKBP ini,” kata A Naibaho.

Sementara itu, Ketua panitia, St H Manalu mengatakan bahwa prosesi jalan salib yang dilakukan merupakan refleksi umat atas penderitaan Yesus Kristus dalam menebus dosa umat manusia.

“Kiranya penderitaan Yesus ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Yesus,” katanya. (hen)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *