Gunakan Aplikasi Khusus, TKD Jokowi -Ma’ruf : Jumlah Suara Akan Diketahui Dalam 1×24 jam

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mengklaim jika perolehan suara Pasangan Calon (Paslon) Presiden nomor urut 01 di Sumatera Utara akan diketahui maksimal dalam 1×24 jam. Hal tersebut termasuk didaerah-daerah yang aksesnya sulit dicapai.

Seluruh saksi yang ditugaskan TKN 01 akan menggunakan sistem berbasis online untuk melaporkan suara Jokowi-Ma’ruf langsung dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.
“Setiap saksi kita sudah pastikan memilki Android utk mampu merekam form C1. Jadi form C1 itu bisa direkam langsung dan tersambung langsung kepada center,” ujar Juru Bicara TKD Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan, kepada Tempo pada Senin, 15 April 2019.

Sutrisno mengatakan para saksi disetiap TPS sudah dilatih untuk menggunakan aplikasi yang sudah dirancang khusus pihaknya. Setiap saksi nantinya akan segera melaporkan hasil rekapitulasi suara Jokowi-Ma’ruf dari TPS masing-masing menuju ke pusat informasi TKD Sumatera Utara. Hasil rekapitulasi tersebut akan diolah oleh tim dan hasilnya dapat langsung diketahui.

Khusus didaerah yang mempunyai jaringan komunikasi relatif bagus, hasil suara Jokowi-Ma’aruf diprediksi sudah dapat diketahui petang hari. Sedangkan bagi daerah-daerah yang signal internetnya lebih sulit, diharapkan para saksi bisa mencari tempat yang memungkinkan untuk mengirimkan hasil rekapitulasinya setelah penghitungan selesai.

Sehingga dalam waktu maksimal 1×24 jam, akan diketahui jumlah suara yang diraih Jokowi-Ma’aruf di Sumatera Utara.
“Sekitar pukul 4 sore mungkin sudah bisa kita dapat hasilnya untuk daerah-daerah yang lancar komunikasinya. Tapi untuk daerah lain yang bisa dijangkau dengan darat, maksimal 1×24 jam sudah bisa kita terima,” lanjut Sutrisno.

Daerah yang diprediksi lebih sulit dalam mengirimkan rekapitulasi suara seperti di Kepulauan Nias. Musababnya, karena beberapa TPS yang berada di Nias terletak di pulau-pulau kecil.

Meski begitu, Sutrisno mengklaim jika hasil di Nias tidak akan mempengaruhi hasil secara signifikan. Justru akan menambah perolehan suara Jokowi-Maruf di Nias dan Sumatera Utara secara keseluruhan.
“Karena ada di kepulauan, jadi mungkin akan menyusul. Tapi karena kita pastikan suara kita di Nias itu menang, maka itu hanya akan menambah kepastian soal perolehan angka kemenangan kita,” pungkas Sutrisno.(ask)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *