Diduga Lakukan Money Politik, 3 Pria dan Caleg DPRD Partai Gerindra Diamankan ke Polres Nias

MEDANHEADLINES.COM, Nias – Satuan Satreskrim Polres Nias, Sumatera Utara berhasil mengamankan 4 orang pria yang diduga melakukan dugaan money politik (politik uang), Selasa (16/4) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.

Masing-masing pelaku yakni Meliedi Harefa (37) warga Desa Sisarahili Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara, Kesaktian Telaumbanua (18) warga Desa Fadoro Lasara Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Fatolosa Lase (55) warga Desa Berua Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara.

Sementara, salah satu pelaku diketahui merupakan caleg DPRD Sumut dari Partai Gerindra, Damili Gea warga Jalan Sirao Dalam, Kelurahan Pasar Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Damili juga diketahui merupakan Ketua Tim pemenangan se Kepulauan Nias untuk pasangan Prabowo-Sandi.

Menurut informasi yang diterima, penangkapan keempat pelaku ini berawal informasi yang diterima petugas kepolisian. Dari informasi tersebut, kemudian petugas polisi yang berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Gunung Sitoli melakukan penyelidikan ke posko pemenangan caleg DPRD Sumut atas nama Damili Gea.

Dari hasil penyelidikan, petugas melihat satu unit sepeda motor yang dikendarai Meliedi Harefa yang berboncengan dengan Kesaktian keluar dari posko pemenangan.

“Sesampainya di simpang Jalan Sisingamangaraja, sepeda motor yang dikendarai pelaku diberhentikan petugas polisi untuk melakukan pemeriksaan,” jelas Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, Selasa (16/4/2019)

Barnag bukti yang berhasil diamankan

Setelah dilakukan pemeriksaan, Tambah Deni, Dari dalam jok sepeda motor yang dikendarai pelaku, polisi kemudian  menemukan 1 blok uang sebesar Rp. 20.000.000 yang terdiri dari uang pecahan Rp.20.000.

“Setelah diinterogasi, pelaku mengaku uang tersebut diambil dari posko relawan caleg Propinsi Sumatera Utara atas nama Damili Gea. Uang tersebut diserahkan oleh laki-laki yang bernama Fatolosa Lase,” jelasnya.

Setelah melakukan pengembangan, kemudian petugas berhasil mengamankan Fatolosa Gea. Dari tangan pelaku, petugas juga berhasil mengamankan uang sebesar Rp. 40.000.000.

“Dari pengakuan Fatolosa, uang tersebut dipergunakan untuk pemenangan Damili Gea sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara pada Pemilu tanggal 17 April 2019. Uang tersebut akan dibagikan kepada pemilih di wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur dengan jumlah pemilih sebanyak 2.400 orang. Besar uang yang akan dibagikan itu sebesar Rp. 20.000 per orangnya dengan total Rp. 48.000.000, sedangkan Rp. 12.000.000 untuk uang minyak tim yang bekerja di lapangan,” bebernya.

Selain mengamankan sejumlah uang dari posko relawan caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara atas nama Damili Gea, petugas juga berhasil mengamankan dokumen tanda terima uang kepada Fatolose Lase. Di lokasi, polisi juga menemukan catatan jumlah pemilih dan nama pemilih serta foto copy KTP pemilih.

“Keempat pelaku beserta barang bukti sudah dibawa ke Polres Nias untuk dilakukan interogasi awal. Dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu Kota Gunungsitoli,” jelasnya.(hen)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *