Sempat Terganggu Virus, Ratusan SMAN 4 Jalani UNBK Susulan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ratusan Siswa SMA Negeri 4 Medan menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan yang dilaksanakan pada Senin, 15 April 2019.

Sebelumnya, Ujian susulan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini terpaksa dilaksanakan pada hari ini karena server mereka sempat terserang virus Cloudnet jenis Trojan saat ujian hari pertama pada Senin, 1 April 2019 lalu

“Virus itu terjangkit karena kurang sterilnya hardisk (laptop siswa). Atau pada saat meng-install aplikasi pendukung seperti Google Chrome, hardisknya sudah terjangkit virus,” ujar Petugas Help Desk UNBK Sumatera Utara, Duta Syailendra.

Duta menjelaskan virus yang menyerang hardisk komputer siswa akhirnya ikut merambat ke komputer lainnya. Musababnya, pelaksanaan UNBK yang menggunakan jaringan Local Area Network (LAN) yang saling terhubung antar satu komputer dengan komputer lainnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 4 Medan, Ramli, mengatakan proses ujian susulan berlangsung lancar tanpa kendala.

“Ujian hari ini tidak ada masalah dari komputer. Kalau ada yang blank (komputer), kita sudah siapkan cadangannya. Insya Allah ready semua,” ujar Ramli di Medan pada Senin, 15 April 2019.

Ramli menjelaskan ujian susulan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 12.00 siang. Memakai 5 ruangan, ujian dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh 180 siswa, serta sisanya ikut dalam gelombang kedua.

Jumlah 329 siswa merupakan total anak didik yang gagal mengikuti UNBK di hari pertama.

“Tadi memang sempat ada anak kita yang sakit, tapi tetap datang. Alhamdulliah hadir semua,” sebut Ramli.

Sebelumnya dilaporkan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 4 Medan sempat mengalami masalah server. Selain ratusan siswa yang gagal mengikuti ujian, sebagian lainnya terpaksa mengikuti UNBK hingga malam hari. (ask)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *