Medan  

Tampil d IFW 2019, Songket Medan Pukau Para Pengunjung

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Songket Medan tampil memukau di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) yang berlangsung sejak 27-31 Maret lalu. Busana hasil kreasi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Hj Rita Maharani SH itu tidak kalah dengan hasil karya desainer yang ada di Tanah Air. Applause penonton tak putus berhenti saat peragawati yang mengenakan aneka busana berbahan Songket Medan berjalan di atas catwalk.

Melalui JCC, Songket Medan diharapkan semakin terkenal dan memiliki tempat di hati para pecinta fashion di seluruh Nusantara. Dengan demikian nama Kota Medan semakin berkibar di jagad fashion, terutama yang mengusung nuansa etnis. Sebab, IFW merupakan wadah promosi dari hasil kerajinan daerah.

Selain itu, penampilan Songket Medan dalam event tersebut juga menjadi bagian gabungan dari Dekranasda Provinsi Sumut. Sebab, selain Kota Medan event tersebut juga diikuti Dekranasda dari berbagai Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Provinsi Sumut, khususnya wilayah Pantai Timur.

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani SH mengatakan sangat bangga sekaligus bahagia sebab hasil karyanya dapat tampil dalam ajang bergengsi bertaraf nasional tersebut. ‘’Alhamdulillah, Songket Medan bisa tampil di IFW. Ini menjadi kebanggaan tidak hanya bagi saya tapi juga Kota Medan. Sebab, melalui event ini, nama Kota Medan kian terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kain songket di Tanah Air,’’ kata Rita.

Event yang mengangkat tema Cultural Values tersebut juga menjadi pembuktian bahwa Songket Medan mampu bersaing dengan hasil karya dari daerah lain. ‘’Ini menjadi momentum yang sangat menggembirakan. Songket Medan punya tempat tersendiri di hati para pecinta fashion Tanah Air yang datang menyaksikan. Apalagi saat para peragawati berajalan di atas catwalk, tepuk tangan meriah tak hentinya mengiringi mereka,’’ ungkap Rita dengan penuh gembira.

Untuk itu, Ketua Dekranasda sekaligus istri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH tersebut berharap Songket Medan tidak hanya tampil di kancah nasional tapi juga bisa tampil di taraf Internasional. ‘’Insya Allah, semua kerja keras yang dilakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Dengan demikian, Songket Medan kian mengepakkan sayapnya,’’ harap Rita.

Selanjutnya Hj Rita Maharani menambahkan, tema yang diusung dalam IFW tersebut sejalan dengan upaya berkesinambungan Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) yang berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia sebagai salah satu benteng ekonomi nasional. “Dengan demikian hasil karya di seluruh daerah dapat semakin berkembang dan terkenal,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.