Mulai Besok, KPU Akan Lakukan Pencetakan Surat Suara Untuk Pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, memeriksa kotak suara yang terbuat dari karton tebal kedap air di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (17/12). [ANTARA FOTO/Reno Esnir]

MEDANHEADLINES.COM – Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI akan memulai mencetak surat suara Pemilu 2019 , Sabtu (19/1/2019) besok. KPU sudah melakukan tender perusahaan percetakan.

Mulai hari ini juga, KPU sudah mulai disibukkan dengan rapat koordinasi membahas logistik pemungutan suara .

“Hari ini kami melakukan rapat koordinasi membahas logistik pemungutan suara. Direncanakan Sabtu besok mulai produksi,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Kantor KPU Jakarta, Jumat (18/1/2019).

KPU melakukan rapat koordinasi persiapan perlengkapan logistik pemungutan suara. Nantinya, KPU bersama Bawaslu RI akan melakukan pengawasan ke tiga titik perusahaan yang akan melakukan produksi surat suara, yakni di Jakarta, Makassar, dan Jawa Timur. Arief menekankan bahwa produksi logistik pemilu berbeda dengan pengadaan barang biasa.

Menurut dia, diperlukan pemantauan agar tidak terjadi produksi berlebihan, kemudian memastikan kertas surat suara yang cocok, lalu memastikan warna sesuai.

“Kualitasnya harus betul-betul dipastikan,” katanya.

Di samping memastikan kualitas, KPU juga harus memastikan distribusi logistik pemilu tepat waktu dan sampai tempat tujuan dengan baik.

“Kami ingin pihak-pihak mengetahui bahwa KPU mengerjakan seluruhnya secara transparan. KPU juga menempatkan petugas kepolisian dan petugas KPU di tempat produksi,” katanya.

Dalam pengadaan logistik pemilu, KPU turut melibatkan Bawaslu, KPK, dan PPATK. (Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.