Imigrasi Belawan Deportasi 30 WNA Asal Bangladesh

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Kantor Imigrasi Belawan memulangkan 30 orang warga negara Asing (WNA) Asal Bangladesh ke negara asalnya.

Mereka sebelumnya diamankan oleh personil Polda Sumut pada Desember 2018 lalu di kawasan Tanjung Tiram, Batubara. dan rencananya mereka akan diselundupkan ke Malaysia melalui jalur ilegal.

“Warga negara Bangladesh ini masuk ke Indonesia dengan menggunakan bebas visa sesuai Inpres Nomor 21 tahun 2016. Masuk ke Indonesia dengan beberapa tahap melalui Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta dan Bandara Ngurah Rai, Bali. Mereka mau melakukan perjalanan ke Malaysia dengan jalur yang tidak benar,” ungkap Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan, Victor Manurung, Jumat (11/1/2019).

Dijelaskannya, Pemulangan WNA in akan dilakukan dalam dua tahap.

“Tahap pertama, sebanyak 15 orang dipulangkan hari ini melalui Bandara Kualanamu. Mereka akan diterbangkan ke negaranya pada pukul 17.00 WIB dengan menggunakan pesawat Batik Air. Sisanya akan dipulangkan pada tahap kedua pada Sabtu (12/1/2019) esok hari,” ujarnya

Victor juga menegaskan, Usai pendeportasian ini, ke 30 warga negara Bangladesh akan dicekal jika memasuki wilayah Indonesia

“Itu sanksi bagi mereka,” Tegas Vicktor.

Selain WN Bangladesh, Victor juga menjelaskan pihaknya akan kembali mendeportasi sembilan orang WN Myanmar. Mereka adalah pelaku illegal fishing yang ditangkap oleh pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dikatakannya, Saat ini masih ada 37 WNA yang tinggal di Rudenim. Pelanggaran yang dilakukan antara lain, melebihi izin tinggal, tindak pidana narkotika dan illegal fishing.

” Yang paling banyak adalah WN Myanmar 32 orang. Lalu, India 1 orang, Srilanka 1 orang, Thailan 1 orang, Iran 1 orang. Serta satu orang WN Amerika yang belum dipulangkan karena terkena gangguan jiwa,” Jelasnya. (red)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *