Ragam  

Mengecek Kesehatan Dengan Melihat Kuku

Tanda-tanda penyakit dan masalah kesehatan bisa dilihat dari kuku. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Beberapa penyakit memang tampak datang tiba-tiba. Namun jika Anda mawas, tanda-tanda risiko penyakit dan masalah kesehatan bisa ditunjukkan oleh anggota tubuh, termasuk kuku .

Ya, dengan memperhatikan perubahan yang terjadi pada kuku, Anda bisa mendeteksi lebih awal beberapa masalah kesehatan.

Dilansir Medical Daily, yuk perhatikan tanda-tanda berikut di kuku mulai dari sekarang!

1. Lekukan

Lekukan yang menjalar secara horizontal melintasi kuku bisa menunjukkan adanya diabetes yang tidak terkontrol, kekurangan mineral seng dan demam tinggi.
Jika lekukan pada kuku disertai dengan perubahan warna kuku maka Anda harus mewaspadai kondisi psoriasis. Selain itu, pasien kanker juga kerap mengalami perubahan ini sebagai efek samping dari kemoterapi.

2. Garis gelap

Jika Anda menemukan adanya garis vertikal berwarna cokelat gelap atau hitam maka jangan diabaikan. Menurut Shilpi Agarwal, M.D., seorang dokter yang berbasis di Los Angeles ini bisa menjadi tanda khas melanoma, yang membutuhkan deteksi dini dan perawatan.

“Kunjungi dokter kulit jika Anda melihat adanya garis-garis seperti itu, terutama jika hanya ada pada satu kuku. Kondisi ini lebih cenderung terjadi di Afrika-Amerika dan Asia,” kata Agarwal.

3. Kuku cekung

Jika kuku Anda tumbuh cekung dan membuat tampilan kuku menjadi seperti sendok maka waspadai kondisi anemia akibat kekurangan zat besi. Apalagi jika mungkin disertai dengan kelelahan atau kondisi kuku yang pucat. Segera kunjungi dokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

4. Menguning

Kulit yang bewarna kekuningan bisa menjadi tanda penuaan. Tapi jika disertai dengan bau dan pengelupasan Anda mungkin mengalami infeksi jamur.

Jika Anda sering menjalani perawatan menikur, kuku yang menguning juga bisa menjadi tanda bahwa Anda terlalu sering menggunakan kuku akrilik. Kebiasaan merokok juga dapat mempengaruhi warna kuku.

5. Kuku yang digerogoti

Jika Anda sering menggigit kuku akhir-akhir ini sehingga membuat tampilannya tampak digerogoti maka waspadai kondisi mental yang Anda alami. Pasalnya bisa jadi Anda menderita peningkatan kecemasan sehingga mendorong Anda untuk menggigiti kuku terus menerus.

Nah jadi sudah tahu kan perubahan pada kuku yang harus diwaspadai untuk melihat risiko penyakit dan masalah kesehatan?(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.