Buka Jambore Pemuda , Gubsu Minta Pemuda Untuk Tingkatkan Kreativitas dan Kewirausahaan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengajak Para pemuda untuk mengisi pembangunan dengan meningkatkan kreativitas, kecerdasan dan kewirausahaan pemuda.

Hal ini diungkapkan Gubsu saat membuka secara resmi Jambore Pemuda Daerah Sumatera Utara Tahun 2018 di Arena Astaka Sumut Sport Centre, Jalan Williem Iskandar, Kamis (6/12).

“Mari kita isi pembangunan provinsi yang kita cintai ini dengan meningkatkan kreativitas, kecerdasan dan kewirausahaan pemuda,” ujarnya.

Dikatakan Gubsu, saat ini telah memasuki era globalisasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya, serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif, mulai dari hoax, hate speech, pornografi dan pergaulan bebas hingga radikalisme. Terorisme juga masuk dengan mudahnya, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan, serta kedewasaan dalam berbangsa dan negara.
“Untuk itu mari kita eratkan persatuan dan kesatuan. Stop berbagai macam bentuk perdebatan yang mengarah kepada perpecahan bangsa,” ujar Gubsu.

Menurut Gubsu, kegiatan Jambore Pemuda Daerah ini merupakan wahana pemuda-pemudi terbaik yang terpilih dari kabupaten/kota di Sumut. Dengan menampilkan potensi daerah antara lain home industri, kuliner, handy craft, serta kepeloporan bidan kewirausahaan, budaya dan pariwisata. Jambore pemuda ini punya nilai strategis dalam rangka memperkuat pembentukan karakter anak bangsa guna meningkatkan daya saing serta kemandirian pemuda.

“Diharapkan Jambore Pemuda ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran nasional, rasa cinta tanah air, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas untuk menciptakan wirausaha muda pemula, menuju Sumatera Utara yang bermartabat,” ujar Edy Rahmayadi.

Pada kesempatan itu, Edy juga mengharapkan para pemuda, khususnya di Sumut untuk ikut mensukseskan hajatan besar pesta demokrasi pada tahun 2019.

“Peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum 2019 nanti sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” tambahnya.

Sementara itu, pembukaan Jambore Pemuda Daerah Sumatera Utara tahun 2018 yang berlangsung hingga 8 Desember 2018 yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Gubsu Edy Rahmayadi yang didampingi Kabinda Sumut Brigjend TNI Ruruh A Setyawibawa dan Kadispora Provsu Baharuddin Siagian.

Kegiatan itu juga diisi dengan perwakilan pemuda secara berpasangan dari kabupaten/kota se Sumatera Utara memasukkan air dan tanah ke dalam kendi, sebagai tanda kebulatan tekad para pemuda di Sumut untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang disaksikan oleh Gubsu bersama Forkopimda, Kabinda Sumut dan Kadispora Sumut dan Ketua KONI Sumut Jhon Lubis.(red)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *