Kisah Inspiratif : Mulai Dari Buruh Balok, Hingga Jadi Kepala UPT Pelabuhan Perikanan

Foto : Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Balai Asahan, Hasbir Batubara SH 

MEDANHEADLINES.COM, Tanjung Balai – “Hasil yang maksimal, tidak diperoleh dengan mudah. Perlu kerja keras untuk mewujudkannya,” hal itulah kalimat yang disampaikan Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Balai Asahan, Hasbir Batubara SH saat berbincang dengan medanheadlines.com Kamis (6/12/2018).

Betapa tidak, pria yang akrab disapa Hasbir ini, meniti karier mulai dari bawah. Jauh sebelum pencapaiannya saat ini, Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Balai Asahan ini pernah menjadi buruh balok di pelabuhan.

Ayah tiga anak ini bercerita, pada tahun 1983, setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) ia memberanikan diri untuk merantau ke Kota Dumai, tanpa ada yang dikenal satu pun.

Tiga hari di sana, Hasbir harus berjuang untuk hidup. Sebab, ia hanya membawa uang pas-pasan. Karena membawa uang sedikit, Hasbir mengaku tidak menyentuh nasi selama tiga hari.

“Saya memang niat mau cari kerja, sempat tiga hari gak makan nasi, cuma makan goreng pisang, karena uang gak ada, harus hemat. Tidur saya pun di depan emperan toko karena tidak ada yang kenal satu pun,”katanya.

Setelah tiga hari mengelilingi Kota Dumai untuk mencari kerja, akhirnya Hasbir melihat ada buruh balok yang bekerja di pelabuhan. Ia pun memohon agar bisa diterima kerja, walau menjadi buruh balok. Hal itu dilakukan, hanya untuk mempertahankan hidup.

“Saat itu, niat memang mau cari kerja. Tiga hari di sana, saya lihat ada buruh balok, saya memohon agar bisa kerja di situ. Alhamdulillah saya diterima kerja di sana, tidur pun ada tempat di wilayah pelabuhan sana, saya sangat bersyukur hingga meneteskan air mata,”ungkapnya.

Menjadi buruh balok, tidak hanya membuat Hasbir bertahan hidup, sedikit demi sedikit ia pun dapat menabung. Hasbir pun pernah mencoba beberapa pekerjaan lain, hingga ia menjadi PNS.

“Bagi saya setiap pekerjaan, apapun itu, jika ada perintah langsung laksanakan dengan baik. Karena saya diajarkan untuk loyal. Loyalitas itu sangat penting untuk mencapai pekerjaan yang maksimal. Hal itu pun saya lakukan sampai sekarang,”terangnya.

Pada tahun 2014, Hasbir pun diangkat dan dipercaya menjadi Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Balai Asahan. Ia diamanahkan menjadi Kepala UPT di saat pertama kali dibentuknya Pelabuhan Pantai di Tanjung Balai Asahan, sesuai Pergub No 22 Tahun 2014

Di saat  bekerja, kata Hasbir, dirinya selalu menjalankan tugas dengan teliti, agar pekerjaan itu dapat berjalan maksimal.

Ia pun berharap, agar dirinya selalu menjalankan tugas dengan baik, serta pekerjaannya dapat bermanfaat bagi khalayak ramai.

“Harapan saya, apapun yang saya lakukan bisa bermanfaat bagi khalayak ramai, di posisi saat ini pastinya, menjalankan tupoksi dengan baik, dan semoga apa yang kita kerjakan saat ini, semakin memajukan kinerjasitas Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Tanjung Balai,”pungkasnya. (raj)

• Biofile

Nama : Hasbir Batubara SH

Tempat tanggal lahir : Huraba Tapanuli Selatan 10/9/1965

Alamat : Jalan Desa Airjoman Baru, Kabupaten Asahan

Jabatan : Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Balai Asahan

Istri : Sekar Sari

Anak : Tara R Nida, Mahadi Juhri, Mahadi Rahman

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *