Pangdam I/BB Buka Kejuaraan Catur Terbuka Piala Pangdam di Lapangan Merdeka Medan

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah Usai membuka Kejuaraan catur Piala Pangdam di Lapangan Merdeka Medan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah membuka Kejuaraan Catur Terbuka Piala Pangdam I/BB tahun 2018 di Lapangan Merdeka Medan,  Jumat (9/11/2018).

Kejuaraan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November ini dilangsungkan selama tiga hari (9-11 November 2018) dengan memperebutkan hadiah bernilai total Rp 100 Juta

Dalam Kejuaraan yang merupakan turnamen pertama kalinya digelar di tempat terbuka ini diikuti oleh Sedikitnya ada 268 peserta dari 11 provinsi dan 19 kabupaten/kota di Sumut

” Kenapa digelar kejuarana Catur karena Permainan ini memiliki banyak filosofi, baik dilihat dari elemen permainannya,  seperti bidak, papan catur, aturan dan pemainnya,” Ungkap Pangdam I/BB dalam kata sambutannya.

Selain untuk memperingati hari pahlawan, Pangdam I/BB juga menyampaikan penyelenggaraan kegiatan juga dijadikan kesempatan untuk menyalurkan hobi para peserta pecinta catur yang cukup banyak di wilayah Sumatera Utara, memelihara  dan mengembangkan kemampuan serta pencarian bibit pecatur masa depan.

“Karenanya, saya berharap para peserta kejuaraan catur kali ini dapat mengambil makna dari penyelenggaraan kegiatan ini, sejalan dengan tema yang diusung yaitu ‘Membangun Karakter Bangsa yang Dilandasi Semangat dan Nilai-Nilai Kepahlawanan’,” ungkapnya

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Asisten Teritorial (Aster) Kasdam I/BB, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, SIP menerangkan Kejuaran ini melombakan empat kategori pertandingan, yakni umum putra-putri, simultan, senior dan junior

” Lomba ini diikutioleh dua orang FIDE Master (Fédération Internationale des Échecs), 15 master nasional, dan 2 master putri sementara hadiah totalnya adalah Rp100 juta,” sebut Kolonel Marpaung.

Sementara, Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumut, Parlindungan Purba yang ikut hadir di acara mengaku sangat mengapresiasi gagasan yang dibuat Pangdam I/BB.

“Biasanya pertandingan catur selalu di tempat tertutup. Tapi kali ini di tempat terbuka, dan ini merupakan yang pertama terjadi di Sumut,” ucapnya.

Parlindungan Purba yang juga anggota DPD RI asal Sumut ini mengaku salut dengan kejelian Pangdam I/BB yang menggelar pertandingan catur yang merupakan salah satu olah raga populer di kalangan masyarakat Sumut.

“Kita dari Percasi Sumut sangat mengapresiasi ide dan gagasan Pangdam I/BB dengan menggelar pertandingan ini. Mudah-mudahan, harapan kita bersama, akan lahir bibit-bibit baru di samping sebagai olah raga prestasi untuk dikembangkan lebih baik lagi di Sumut ini,” pungkasnya. (red)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *