Serunya Nonton MotoGP di Thailand, Indonesia Kapan Ya?

MEDANHEADLINES.COM, Thailand – Suatu kebanggaan bagi Asia Tenggara, dua sirkuitnya dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP. Setelah Sirkuit Malaysia, hari ini Sirkuit Internasional Buriram atau Sirkuit Internasional Chang untuk kali pertama menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP.

Kontributor Medan Headlines mendapat kesempatan nonton langsung nonton ke Buriram.

Sirkuit balap ini terletak di provinsi Buriram, Thailand atau sekitar 392 km dari Ibukota Bangkok. Dari Kota Bangkok saya menaiki bus dengan jarak tempuh sekitar 7 jam.

Sirkuit yang dirancang oleh Hermann Tilke ini mulai dibangun pada Maret 2013 dan telah menelan biaya sebesar 2 miliar Baht (sekitar Rp 740 miliar). Sirkuit ini mulai dibuka pada 4 Oktober 2014 dan memiliki panjang lintasan 4.554 meter dengan 12 tikungan.

Gedung yang menjadi bangunan utama sirkuit terbagi menjadi tiga lantai. Lantai dasar berisi 30 paddock untuk tim-tim yang akan bertanding di sirkuit ini. Di lantai 2 terdapat sejumlah ruangan VIP dan ada empat ruang media centeryang nyaman bagi para jurnalis yang dilengkapi dengan koneksi internet yang lancar serta beberapa layar televisi yang menampilkan situasi di atas lintasan.

Lantai 2 juga menjadi akses untuk masuk ke area grand stand yang terbagi 22 area untuk menyaksikan jalannya balapan.

Sirkuit Internasional Chang memiiliki kapasitas penonton sebesar 50.000 orang. Namun berdasarkan laporan media setempat, hari ini sirkuit Buriram dipadati 120.000 penonton.

Sirkuit ini juga sudah mendapatkan sertifikasi tinggi dari FIA(grade 1) dan FIM (grade A) yang tidak akan mustahil bisa menyelenggarakan ajang kelas dunia, seperti Formula Satudan MotoGP.
Pada September 2017, Dorna Sports mengumumkan bahwa MotoGP digelar di Sirkuit Internasional Buriram, dengan kesepakatan selama tiga tahun mulai tahun 2018 sampai dengan 2020 untuk balapan bernama PTT Thailand Grand Prix.

Pada balapan perdana ini, Marc Marquez menempati podium pertama. Dovizioso dan Vinales menempatkan diri di posisi kedua dan ketiga.

Melihat betapa meriahnya balapan di Thailand dan megahnya sirkuit Buriram, dalam hati saya bergumam: Kapan Indonesia bisa memiliki sirkuit sebagus ini dan bisa menjadi tuan rumah MotoGP?

Penulis : Arifin 

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *