Korupsi Oknum ASN Tertinggi Di Indonesia, BKD Sumut : Data Itu Belum Terverifikasi

Ilustrasi Korupsi Oknum ASN

MEDANHEADLINES.COM – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang divonis bersalah karena korupsi di Sumatera Utara Meraih angka tertinggi di Indonesia menurut data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN)

Dari data tersebut diperoleh ASN yang berada di Sumatera Utara berada diperingkat pertama dengan jumlah 298 orang kemudian Jawa Barat 193 orang, Riau 190 orang, NTT 183 orang dan Papua 146 orang.

Menyikapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Utara Kaiman Turnip menolak jika dikatakan bahwa provinsi itu disebut masuk peringkat pertama dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat korupsi.

Kaiman mengklarifikasi. data itu belum diverifikasi. Karena dalam SK Bersama yang ditandatangi oleh BKN, Menpan RB dan KPK belum diketahui berapa kasus yang sudah incracht.

“Itu data Incracht betul gak segitu ?,” katanya, Jumat (14/9/2018).

Kaiman pun membantah data tersebut. Katanya, ada daerah yang lebih banyak angka ASN yang terjerat korupsi. Pun begitu, dia enggan merinci di daerah mana.

“Makanya data kita itu sudah complicated, padahal daerah-daerah lain ada yang lebih segitu,” ujarnya.

Menyikapi hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi pun mendesak agar kepala daerah segera memecat ASN tersebut.

” Desakan KPK ini berdasarkan Surat Edaran Mendagri pada 10 September 2018 kepada seluruh kepala daerah tentang Penegakan Hukum terhadap ASN yang melakukan korups, ” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (red)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *