Pesta Rakyat Sesungguhnya? Ya, Ini

MEDANHEADLINES.COM – Malam ini berbeda dengan malam sebelumnya. Hembusan angin malam tak lagi terdengar. Tampaknya malam ingin mengurungkan diri,

Desir angin tertutupi suara musik yang semakin beriirama. Ya musik semakin meninggi. Waktu sudah menunjukkan pukul 00.01 WIB.

Malam ini memang berbeda dengan malam sebelumnya. Walau semakin larut, kerumunan orang tidak berkurang. Bahkan, semakin ramai.

Semua tampak merasakan kebahagiaan. Bahagia dengan musik-musik yang dilantunkan. Semua berjoged, bergoyang dengan penuh semangat.

Walau dengan panggung sederhana, tepat di tengah jalan umum, semua berpesta dengan penuh kebahagiaan. Ya, mereka merayakan hari kemerdekaan dengan penuh suka cita.

Tidak hanya kaum Adam, kaum hawa pun berjoged dengan riang. Tidak hanya muda-mudi, kalangan orang tua pun ikut berpesta.

“Ya, ini pesta rakyat sesungguhnya,”gumamku.

Tidak ada intrik, tidak ada saling sikut, tidak ada saling menjatuhkan, semua riang bergembira, menikmati malam dengan syahdu.

Lantas, dalam benakku pun membandingkan pesta rakyat yang kerap digaungkan saat hendak pencoblosan. Ya saat-saat Pilkada, Pileg, maupun Pilpres.

“Ini pesta demokrasi, maka ini pesta rakyat, sebab rakyat diberi kebebasan untuk memilih dengan hati, dan tanpa paksaan,” begitu ujar mereka-mereka yang mencalonkan diri. Walau ujung-ujungnya ada kalimat yang mengajak “Maka pilihlah saya,” Huh! Sangat kontradiksi.

Tidak! Jawabku. Aku tidak menemukan rasa dalam pesta itu. Berbeda dengan pesta malam ini. Yang tampak jelas dengan kedua mataku, dapat kurasakan dengan panca inderaku. Semua rakyat tampak bahagia, semua bersuka cita. Ya, ini pesta rakyat yang sesungguhnya!!!

Penulis : Ryan Achdiral Juskal

 

 

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *