Medan  

Medan Dilanda Cuaca Panas, Hal Ini Yang Menyebabkan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Suhu panas yang cukup terik dan menyengat di Kota Medan disebabkan beberapa faktor. Menurut Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, faktor pertama dikarenakan pola angin yang divergen atau menyebar. Pola angin ini disebabkan akibat gangguan cuaca dari Laut Cina Selatan.

“Gangguan cuaca di Laut Cina Selatan menarik massa udara di Medan sekitarnya, sehingga membuat pola angin menyebar. Akibatnya, pertumbuhan awan-awan hujan berkurang,” ungkapnya.

Faktor kedua, lanjut Lestari, disebabkan kelembaban udara padai lapisan udara atas cukup rendah. Oleh karenanya, tidak mendukung pertumbuhan pembentukan awan hujan.

“Untuk membentuk awan hujan, kelembaban di lapisan udara atas minimal 70 persen. Saat ini kelembaban udara yang terjadi di Medan sekitarnya tidak sampai 70 persen,” sebutnya.

Faktor ketiga, sambung dia, penyebaran angin di lapisan udara atas cukup kencang. Hal ini mengakibatkan proses pembentukan awan hujan menjadi cepat terbuai.

“Memang labilitas udara di Medan dalam kondisi stabil, sehingga mengakibatkan berkurangnya pembentukan awan hujan,” jelasnya.

Ditambah Lestari, kondisi cuaca ini diperdiksi terjadi hingga dua hari ke depan. Selanjutnya, pada Kamis diperkirakan akan terjadi hujan ringan karena sudah ada pembentukan awan hujan yang cukup banyak.

“Hujan juga akan terjadi dengan intensitas ringan di wilayah lereng dan pegunungan,” tandasnya.
(raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.