Sumut  

Tiga Ekor Anak Gajah Berhasil Dilahirkan Di Sumut, Dua Selamat Satu tewas

Ilustrasi Bayi Gajah (ist)
Ilustrasi Bayi Gajah (ist)

MEDANHEADLINES.COM – Populasi Gajah di Sumatera Utara bertambah berkat lahirnya tiga ekor anak gajah dikawasan Konservasi Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) yang ada di kabupaten Padang lawas, Sumatera Utara

Kepala Balai besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara Hotmauli Sianturi menjelaskan Gajah pertama lahir pada 16 Juni 2018. Gajah betina itu lahir dari induk bernama Dini, 30 yang merupakan pindahan dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Holiday Resort, Kecamatan Aek Raso, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Gajah itu diberi nama Fitri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Karena dia lahir bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Kondisinya sehat, sekarang sedang kita pantau perkembangannya,” kata Hotmauli

Lebih lanjut, Hotmauli menjelaskan, Gajah kedua lahir pada Minggu (29/7). Gajah dari indukan Poppy dan jantan Dwiky lahir sekitar pukul 23.00 WIB. Saat lahir berat anak gajah berkelamin betina itu diperkirakan mencapai 96 Kg.

” Kini kedua gajah itu terus mendapat perhatian dari BBKSDA dan BNWS. Kondisinya juga sehat dan juga masih menyusu pada induknya,” Ungkapnya

Namun Hotmauli juga menyampaikan kabar duka yaitu anak gajah ketiga yang tidak dapat bertahan hidup akibat induk gajah yang mengalami Baby blues Syndrome.

“Kena sindrome baby blues, karena induknya baru pertama kali melahirkan,” ujarnya.

Disebutkannya, Peningkatan populasi gajah ini berkat kerjasama antara BBKSDA Sumut dengan BNWS sejak 2016.
” Saat ini populasi gajah yang ada di BNWS sebanyak 15 ekor,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.