Gugatan Jonius-frengky Ditolak MK, KPU Taput Akan tetapkan Nikson-Sarlandy Sebagai Pemenang Pilkada

Nikson Nababan dan Sarlandy Hutabarat

MEDANHEADLINES.COM -Setelah Sempat ditunda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Utara akan segera menetapkan pemenang pilkada Taput Pada Minggu (12/8/2018). Penetapan ini dilakukan Setelah Gugatan yang dilayangkan pasangan Jonius Taripar Hutabarat – Frengky Simanjuntak Ditolak Oleh Mahkamah Konstitusi (MK)

Penetapan pemenang direncanakan akan dilaksanakan, Minggu (12/8/2018), di Kantor KPU Taput, di Tarutung, pukul 11.00 WIB.

Dalam Penetapan ini, Para pasangan calon yang ikut bertarung yakni Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat, Jonius Taripar Hutabarat – Frengky Simanjuntak dan Chrismanto Lumban Tobing-Hotman Hutasoit juga turut diundang di Kantor KPU Taput Pada pukul 11.00 WIB

“Selain ketiga pasangan tersebut, sejumlah pihak lainnya seperti partai pendukung juga diundang menghadiri penetapan pemenang Pilkada,” kata komisioner KPU Taput, Galumbang Hutagalung

Baca Juga :Timnas U-16 Akan Tampilkan Permainan cepat

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU, pasangan Nikson – Sarlandy memperoleh 69.375 atau 45,26%. Sedangkan Jonius – Frengky meraih 61.046 atau 39,84%.

Gagalnya Gugatan ini Jonius – Frengky ke MK karena Pihak penggugat dinyatakan tidak memiliki legal standing karena selisih perolehan suara antara Nikson – Sarlandy sebagai peraih suara terbanyak dengan Jonius – Frengky sebanyak 5,5%, melebihi ambang batas.

Sesuai ketentuan MK, gugatan Pilkada Taput hanya bisa dilanjutkan persidangannya jika selisih perolehan suara maksimal 1,5% antara petraih suara terbanyak dengan pasanga calon pihak penggugat.(red)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *