Iuran Peserta Nunggak Hingga Rp 100 Miliar, BPJS Medan Kesulitan Bayar Tagihan RS

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Medan tengah merasa kesulitan dalam melakukan pembayaran tagihan rumah sakit

Hal ini disebabkan Banyaknya tunggakan iuran dari Peserta BPJS yang diperkirakan telah menembus angka Rp 100 Miliar

“Saat ini saja ada sekitar 200 ribu jumlah penduduk Medan yang menuggak iuran BPJS Mandiri, jumlahnya mencapai Rp100 miliar,” kata Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kota Medan, Supriyanto saat menghadiri rapat bersama Panitia khusus (Pansus) penduduk miskin dan Penerima Bantuan Indonesia (PBI) di gedung DPRD Medan beberapa waktu yang lalu

Dijelaskannya, Tunggakan itu juga membuat aktifitas operasional BPJS menjadi terganggu. “Dari 200.000 warga yang menunggak, 101.000 diantaranya pasien kelas III,” jelasnya.

Baca Juga : Simpan Sabu, Penumpang Lion Air diringkus di Bandara Kualanamu

Menanggapi hal ini, Ketua Pansus, Bahrumsyah menyarankan agar peserta yang nunggak segera dikaji ulang. Ia Kmeminta agar peserta yang menunggak supaya migrasi masuk PBI di kelas III.

“Kuat dugaan mereka yang menunggak lah sebagai warga kurang mampu karena tidak sanggup membayar iuran. Untuk itu mereka patut dipertimbang masuk PBI,”sebutnya.

Bahrumsyah menginginkan, agar seluruh warga Medan yang selama ini mondar mandir mengurus Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) tidak akan terulang lagi.

“Maka warga yang menerima PBI itulah warga yang benar benar kurang mampu,” ujarnya.(red)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *