Cara Mengatasi Insomnia, Lakukan Hal Ini

Foto : Ilustrasi (ist)

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Susah tidur malam, kerap mengganggu kesehatan. Apalagi bagi Anda yang sudah sering susah tidur di malam hari. Maka, Anda pun sudah terkena penyakit Insomnia.

Ya, insomnia merupakan penyakit kronis, nyeri, dan masalah kejiwaan semua adalah penyebab umum dari gangguan tidur malam.

Setelah tubuh Anda terbiasa dengan pola tidur yang kurang berkualitas di malam hari, mengobati penyakit yang menjadi penyebab insomnia, tidak selalu membantu.

Insomnia sebagian besar didorong oleh perilaku yang dibiasakan. Sebelum menderita insomnia, Anda mengasosiasikan tempat tidur dengan aktivitas beristirahat alias tidur.

Ketika Anda mulai mengembangkan insomnia, asosiasi itu berubah menjadi tempat tidur sama dengan berbaring gelisah, banyak pikiran dan kekhawatiran.

Untuk menyembuhkan insomnia, sangat penting untuk mengubah asosiasi itu. Dalam kebanyakan kasus, terapi perilaku kognitif cukup efektif untuk menyembuhkan insomnia.

Jika Anda melakukan hal-hal lain di tempat tidur, seperti mengerjakan sisa pekerjaan kantor, menonton TV, atau melamun gelisah, berarti Anda telah mengembangkan kebiasaan yang akan menyebabkan insomnia.

Jika Anda terbangun di tengah malam dan tidak dapat segera tidur kembali, keluarlah dari kamar sekitar 20 menit.

Jangan berbaring di tempat tidur lalu bolak-balik gelisah. Itu mengajarkan tubuh Anda bahwa tempat tidur adalah tempat untuk terjaga dan bukan untuk istirahat.

Ketika terjaga, lakukan sesuatu yang menenangkan dalam pencahayaan yang redup. Misalnya bermeditasi. Jangan memakai cahaya yang terlalu terang karena akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Tubuh kita tidak bisa memasuki mode on atau off semudah kita mematikan lampu. Perlu proses untuk masuk ke mode off setelah seharian kita berada dalam mode on.
Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui meditasi. Latihan kesadaran dan pernapasan dalam, akan membantu Anda fokus dan perlahan memasuki mode off. (*/raj)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *