Kadar dan Takar, Bukan Kuasa?

Foto : Ilustrasi (IST)

MEDANHEADLINES.COM – Dalam sunyi aku menengadah. Melihat bintang tertutup bayang-bayang bumi. Bulan pun sembunyi. Seakan ada rasa malu untuk menampakkan wujud. Seketika, aku menunduk. Melihat tanah digenangi air. Riak dan gemercik tampak saat aku melangkah. Tanah dan air seakan bersetubuh, dengan geliat rangsangan menyala di keduanya.

Dempetan rumah kulalui, dan sesekali menolehkan wajah ke kanan dan ke kiri. Berbagai aktivitas sedang dilakukan. Pancaran emosionalitas pun menggambarkan suasana hati. Ada yang bersuka ria dengan keluarga, ada yang termenung, ada yang sedang berbincang dengan diselimuti perdebatan, bahkan ada yang menangis.

Dunia penuh dengan dimensi, yang masih dalam kerangka kadar dan takar. Ukuran, luas, sudut pandang dan berbagai aspek lainnya, masih dalam ruang kadar. Entah jika membahas alam metafisis. Tapi, aku yakin itu pun masih dalam kerangka kadar dan takar.

Kaki terus melangkah, walau dibasahi rintik hujan. Sanubari seakan melemah, dan mungkin memang lemah. Seakan bersinergi dengan otak. Terkungkung dengan kerendahan.

Seketika pula, di luar kuasa, seakan ada energi yang mendorong sebuah pemberontakan. Berontak terhadap kelemahan yang tertanam. Dorongan untuk merenda kekuatan di luar batas internal diri. Terajut dengan sendirinya, untuk mengepalkan tangan, menuju kebangkitan.

Dunia masih dikelambui berbagai kejutan. Suatu hal yang tak disangka, tak diduga dan tak dikira. Seakan menjadi wayang dari seorang dalang. Atas, bawah, depan, belakang, dan dimensi lainnya, semua bisa berubah dengan begitu cepatnya.

Selama berada dalam ruang dan waktu, akan ada banyak pelajaran yang tak habis untuk dipelajari. Kadar dan takar akan terus mengakar mengelilingi isi dunia. Semua bisa menciptakan, tapi kadar dan takarNya, akan mengalahkan segalanya. Sebab, kuasa manusia tak lebih kuat, dan tak kan lebih besar dari kuasaNya.

Penulis : Ryan Achdiral Juskal

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *